Search for collections on Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau Repository

PENERAPAN STRATEGI PEMBELAJARAN PEMECAHAN MASALAH IDEAL UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH BELAJAR ILMU PENGETAHUAN SOSIAL (IPS) PADA MATERI PERJUANGAN MEMPERTAHANKAN KEMERDEKAAN SISWA KELAS V SEKOLAH DASAR NEGERI 037 KARYA INDAH KECAMATAN TAPUNG

Sri Indrayani (2012) PENERAPAN STRATEGI PEMBELAJARAN PEMECAHAN MASALAH IDEAL UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH BELAJAR ILMU PENGETAHUAN SOSIAL (IPS) PADA MATERI PERJUANGAN MEMPERTAHANKAN KEMERDEKAAN SISWA KELAS V SEKOLAH DASAR NEGERI 037 KARYA INDAH KECAMATAN TAPUNG. Skripsi thesis, Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau.

[img]
Preview
Text
2012_2012510.pdf

Download (504kB) | Preview

Abstract

Tujuan yang ingin dicapai dalam penelitian ini adalah untuk mengetahui apakah penerapan strategi pembelajaran pemecahan masalah ideal dapat meningkatkan kemampuan pemecahan masalah belajar ilmu pengetahuan sosial (IPS) pada materi perjuangan mempertahankan kemerdekaan siswa kelas V SDN 037 Karya Indah Kecamatan Tapung. Rumusan masalahnya adalah: “Apakah penerapan strategi pembelajaran pemecahan masalah ideal dapat meningkatkan kemampuan pemecahan masalah belajar ilmu pengetahuan sosial (IPS) pada materi perjuangan mempertahankan kemerdekaan siswa kelas V SDN 037 Karya Indah Kecamatan Tapung”? Subjek penelitian ini adalah seluruh siswa kelas V SD Negeri 037 Karya Indah Kecamatan Tapung Kabupaten Kampar tahun ajaran 2010/2011, dan objek dari penelitian ini adalah peningkatan kemampuan pemecahan masalah IPS siswa melalui penerapan strategi pembelajaran pemecahan masalah ideal, khususnya pada pokok bahasan perjuangan mempertahankan kemerdekaan. Pengambilan data dalam penelitian ini menggunakan tes berbentuk soal essay yang berbentuk penyelesaian masalah, observasi, dan dokumentasi yang kemudian dianalisis dengan menggunakan teknik analisis statistik deskriptif. Berdasarkan analisis data yang telah dilakukan, maka diperoleh hasil belajar siswa setelah menjawab soal IPS berbentuk penyelesaian masalah. Adapun hasilnya adalah Pra tindakan = 46,34%, siklus I = 63,41% dan siklus II = 78,05%. Pada siklus II telah tercapai indikator hasil penelitian yang diharapkan. Maka dapat disimpulkan bahwa strategi pembelajaran pemecahan masalah ideal dapat meningkatkan kemampuan pemecahan masalah IPS siswa kelas V SDN 037 Karya Indah Kecamatan Tapung Kabupaten Kampar.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: 300 Ilmu Sosial > 370 Pendidikan > 372 Pendidikan Dasar > 372.2 Sekolah Dasar, SD
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: Ms Mutiara Jannati
Date Deposited: 29 Sep 2016 10:32
Last Modified: 04 Oct 2016 03:01
URI: http://repository.uin-suska.ac.id/id/eprint/8064

Actions (login required)

View Item View Item