Search for collections on Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau Repository

PENGARUH PENGETAHUAN PRODUK DAN NORMA RELIGIUS TERHADAP SIKAP KONSUMEN DALAM MENGKONSUMSI PRODUK MAKANAN DAN MINUMAN HALAL DI SMK IT (ISLAM TERPADU) AL IZHAR PEKANBARU

MUHAMAD AZRUL NIZAM, - (2024) PENGARUH PENGETAHUAN PRODUK DAN NORMA RELIGIUS TERHADAP SIKAP KONSUMEN DALAM MENGKONSUMSI PRODUK MAKANAN DAN MINUMAN HALAL DI SMK IT (ISLAM TERPADU) AL IZHAR PEKANBARU. Skripsi thesis, Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau.

[img] Text (BAB IV)
BAB IV.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (6MB)
[img]
Preview
Text
GABUNGAN KECUALI BAB IV.pdf

Download (7MB) | Preview

Abstract

ABSTRAK Muhamad Azrul Nizam (2024): Pengaruh Pengetahuan Produk Dan Norma Religius Terhadap Sikap Konsumen Dalam Mengkonsumsi Produk Makanan dan Minuman Halal di SMK IT Al-Izhar Pekanbaru. Penelitian ini dilatar belakangi banyaknya produk-produk makanan dan minuman yang beredar di Indonesia secara umum di Kota Pekanbaru, dimana produk-produk ini banyak yang berkategori syubhat, atau masih diragukan kehalalannya. Hal tersebut membuat kekhawatiran konsumen karena mayoritas penduduk diIndonesia beragama Islam. Permasalahan dalam penelitian ini apakah pengetahuan produk dan norma religius berpengaruh positif terhadap sikap konsumen dalam mengkonsumsi makanan dan minuman halal. Jenis penelitian ini penelitian lapangan berlokasi di SMK IT Al-Izhar Pekanbaru dengan populasi 153. Pengambilan sampel dengan metode purposive sampling, yaitu pengambilan sampel memperhatikan kriteria-kriteria yang dibuat oleh penulis berdasarkan kriteria tertentu dengan rumus slovin 61 responden. Dengan metode pengumpulan data yaitu metode angket, dokumentasi, studi pustaka dan metode analisisi data kuantitatif dengan menggunakan regresi liniear berganda. Hasil penelitian ini secara parsial variabel pengetahun produk yang tidak berpengaruh dan tidak signifikan terhadap sikap konsumen dalam mengkonsumsi produk makanan dan minuman halal dengan nilai signifikansi 0,309 > 0,05 dan nilai thitung 1,026 < ttabel 2,002. Berbeda dengan variabel norma religius berpengaruh positif atau signifikan terhadap sikap konsumen dalam mengkonsumsi produk makanan dan minuman halal dengan nilai signifikansi 0,000 < 0,05 dan nilai thitung 5,311 > ttabel 2,002. Sedangkan secara simultan variabel pengetahun produk dan norma religius berpengaruh positif dan signifikan terhadap sikap konsumen dalam mengkonsumsi produk makanan dan minuman halal dengan nilai signifikansi 0,000 < 0,05 dan nilai Fhitung 28,601 > 3,16. Kata Kunci: Pengetahun Produk, Norma Religius, Sikap Konsumen Dalam Mengkonsumsi Produk Makanan dan Minuman Halal.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: 000 Karya Umum
Divisions: Fakultas Syariah dan Hukum > Ekonomi Syari'ah
Depositing User: fasih -
Date Deposited: 04 Jul 2024 07:37
Last Modified: 04 Jul 2024 07:37
URI: http://repository.uin-suska.ac.id/id/eprint/80635

Actions (login required)

View Item View Item