Search for collections on Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau Repository

PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN LEARNING TOGETHER UNTUK MENINGKATKAN KERJA SAMA SISWA KELAS V PADA MUATAN PELAJARAN ILMU PENGETAHUAN ALAM SEKOLAH DASAR ISLAM TERPADU Al-IZHAR SCHOOL PEKANBARU

SUCI RAHMADANI LUBIS, - (2024) PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN LEARNING TOGETHER UNTUK MENINGKATKAN KERJA SAMA SISWA KELAS V PADA MUATAN PELAJARAN ILMU PENGETAHUAN ALAM SEKOLAH DASAR ISLAM TERPADU Al-IZHAR SCHOOL PEKANBARU. Skripsi thesis, UNIVERSITAS ISLAM NEGERI SULTAN SYARIF KASIM RIAU.

[img] Text (BAB IV)
BAB IV.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)
[img]
Preview
Text
SKRIPSI SUCI RAHMADANI LUBIS.pdf

Download (6MB) | Preview

Abstract

ABSTRAK Suci Rahmadani lubis, (2023): Penerapan Model Pembelajaran Learning Together untuk Meningkatkan Kerja Sama Siswa Kelas V pada Muatan Pelajaran Ilmu Pengetahuan Alam SDIT Al-izhar School Pekanbaru Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan peningkatan kemampuan pemahaman konsep siswa pada muatan pelajaran ilmu pengetahuan alam, kelas V SDIT Al-izhar School Pekanbaru melalui model pembelajaran learning together. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas, subjek dalam penelitian ini adalah 1 orang guru dan 30 orang siswa Sdit Al-Izhar school pekanbaru. Objek penelitian ini adalah model pembelajaran learning together dan kemampuan kerja sama. Penelitian ini dilaksanakan selama 2 siklus, tiap siklus dilaksanakan 2 kali pertemuan. Adapun teknik pengumpulan data adalah observasi, dan dokumentasi. Sedangkan teknik analisis data yang digunakan yaitu dengan analisis deskriptif kualitatif dengan persentase. Hasil penelitian dan analisis data menunjukkan bahwa kemampuan kerja sama siswa sebelum tindakan masih rendah karena mencapai persentase 55,00% berada pada kategori kurang baik.Setelah dilakukan tindakan kelas pada siklus I, kemapuan kerja sama siswa meningkat menjadi 64,90% berada pada kategori cukup, Sedangkan Siklus II terjadi peningkatan menjadi 78,85% atau tergolong kategori baik. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa model pembelajaran learning together untuk meningkatkan kemampuan kerja sama siswa kelas V pada muatan pelajaran ilmu pengetahuan alam SDIT Al-izhar School Pekanbaru. Kata Kunci: Model Pembelajaran learning together, Kemampuan kerja sama siswa

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: 000 Karya Umum
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: ftk -
Date Deposited: 04 Jul 2024 07:44
Last Modified: 04 Jul 2024 07:44
URI: http://repository.uin-suska.ac.id/id/eprint/80634

Actions (login required)

View Item View Item