PENINGKATAN HASIL BELAJAR ILMU PENGETAHUAN ALAM PADA MATERI TUMBUHAN HIJAU MELALUI STRATEGI ACTIVE LEARNING FORMASI REGU TEMBAK SISWA KELAS V SEKOLAH DASAR NEGERI 002 KOTO AMAN KECAMATAN TAPUNG HILIR KABUPATEN KAMPAR

Ira Irmatati, (2012) PENINGKATAN HASIL BELAJAR ILMU PENGETAHUAN ALAM PADA MATERI TUMBUHAN HIJAU MELALUI STRATEGI ACTIVE LEARNING FORMASI REGU TEMBAK SISWA KELAS V SEKOLAH DASAR NEGERI 002 KOTO AMAN KECAMATAN TAPUNG HILIR KABUPATEN KAMPAR. Skripsi thesis, Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau.

[img]
Preview
Text
2012_2012507.pdf

Download (325kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh rendahnya hasil belajar siswa pada mata pelajaran IPA di kelas V Sekolah Dasar Negeri 002 Koto Aman Kecamatan Tapung Hilir Kabupaten Kampar. Rumusan masalah pada penelitian ini adalah apakah melalui strategi active learning formasi regu tembak dapat meningkatkan hasil belajar Ilmu Pengetahuan Alam Pada materi tumbuhan hijau Siswa Kelas V Sekolah Dasar Negeri 002 Koto Aman Kecamatan Tapung Hilir Kabupaten Kampar. Sebagai subjek dalam penelitian ini adalah siswa kelas V tahun pelajaran 2010-2011 dengan jumlah siswa sebanyak 16 orang. Sedangkan objek dalam penelitian ini adalah penerapan strategi active learning formasi regu tembak untuk meningkatkan hasil belajar IPA Sedangkan teknik pengumpulan data dalam penelitian ini dengan menggunakan teknik observasi, dan tes. Penelitian ini dapat disimpulkan bahwa melalui Strategi active learning formasi regu tembak, dapat meningkatkan hasil belajar Ilmu Pengetahuan Alam pada materi tumbuhan hijau Siswa Kelas V Sekolah Dasar Negeri 002 Koto Aman Kecamatan Tapung Hilir Kabupaten Kampar. Hasil belajar siswa jauh lebih meningkat dibandingkan pada sebelum tindakan. Sebagaimana diketahui ketuntasan belajar siswa pada siklus II meningkat menjadi 15 orang (95,75%) siswa yang tuntas. Sedangkan 1 orang siswa (6,25%) belum tuntas, artinya hasil belajar siswa pada siklus II telah mencapai Kriteria Ketuntasan Minimal yang telah ditetapkan sebesar 75%, adapun Kriteria Ketuntasan Minimal (KKM) yang telah ditetapkan dalam penelitian ini adalah 65.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: 300 Ilmu Sosial > 370 Pendidikan > 372 Pendidikan Dasar > 372.2 Sekolah Dasar, SD
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: Ms Mutiara Jannati
Date Deposited: 29 Sep 2016 10:31
Last Modified: 04 Oct 2016 03:01
URI: http://repository.uin-suska.ac.id/id/eprint/8063

Actions (login required)

View Item View Item