Search for collections on Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau Repository

PENINGKATAN KEMAMPUAN MEMAHAMI CERITA PADA MATERI CERITA ANAK BIDANG STUDI BAHASA INDONESIA DENGAN MENERAPKAN STRATEGI WHAT MY LINE SISWA KELAS V SEKOLAH DASAR NEGERI 023 PADANG MUTUNG KECAMATAN KAMPAR KABUPATEN KAMPAR

Deni Fitri (2012) PENINGKATAN KEMAMPUAN MEMAHAMI CERITA PADA MATERI CERITA ANAK BIDANG STUDI BAHASA INDONESIA DENGAN MENERAPKAN STRATEGI WHAT MY LINE SISWA KELAS V SEKOLAH DASAR NEGERI 023 PADANG MUTUNG KECAMATAN KAMPAR KABUPATEN KAMPAR. Skripsi thesis, Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau.

[img]
Preview
Text
2012_2012505.pdf

Download (339kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh rendahnya kemampuan siswa dalam memahami cerita anak, hal ini dapat dilihat dari gejala-gejala dalam proses belajar mengajar yang menunjukkan kemampuan memahami cerita siswa belum optimal, sehingga nilai yang diperoleh siswa dibawah KKM yang sudah ditetapkan. Tujuan dalam penelitian ini adalah: untuk mengetahui peningkatan kemampuan memahami cerita pada materi cerita anak bidang studi Bahasa Indonesia dengan menerapkan strategi What My Line siswa kelas V SDN 023 Padang Mutung Kecamatan Kampar Kabupaten Kampar. Penelitian ini dilakukan dalam dua siklus dan tiap siklus dilakukan dalam dua kali pertemuan. Agar penelitian tindakan kelas ini berhasil dengan baik tanpa hambatan yang mengganggu kelancaran penelitian, peneliti menyusun tahapantahapan yang dilalui dalam penelitian tindakan kelas, yaitu: 1) Perencanaan/persiapan tindakan, 2) Pelaksanaan tindakan, 3) Observasi, dan Refleksi. Berdasarkan hasil penelitian, maka dapat diketahui bahwa terjadinya peningkatan kemampuan memahami cerita anak pada materi cerita anak bidang studi Bahasa Indonesia. Pada siklus I hasil belajar siswa dikategorikan dengan rata-rata klasikal nilai 80. Sedangkan pada siklus II terjadi peningkatan kemampuan memahami cerita anak dengan kategori tinggi dengan rata-rata klasikal nilai 91 dengan demikian penggunaan Strategi What My Line dapat meningkatkan kemampuan memahami cerita anak pada materi cerita anak bidang studi Bahasa Indonesia siswa kelas V di SDN 023 Padang Mutung Kecamatan Kampar Kabupaten Kampar pada pelajaran Bahasa Indonesia.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: 300 Ilmu Sosial > 370 Pendidikan > 372 Pendidikan Dasar > 372.2 Sekolah Dasar, SD
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: Ms Mutiara Jannati
Date Deposited: 29 Sep 2016 10:29
Last Modified: 04 Oct 2016 03:01
URI: http://repository.uin-suska.ac.id/id/eprint/8062

Actions (login required)

View Item View Item