Search for collections on Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau Repository

PERAN PENYULUH DALAM MENDAMPINGI KELOMPOK TANI SRIAMAN 1 PADA KEGIATAN PERTANIAN DI DESA BINA MAJU KECAMATN RANGSANG BARAT KABUPATEN KEPULAUAN MERANTI

PUJI PRASTIO, - (2024) PERAN PENYULUH DALAM MENDAMPINGI KELOMPOK TANI SRIAMAN 1 PADA KEGIATAN PERTANIAN DI DESA BINA MAJU KECAMATN RANGSANG BARAT KABUPATEN KEPULAUAN MERANTI. Skripsi thesis, UIN SUSKA RIAU.

[img] Text (BAB IV HASIL DAN PEMBAHASAN)
BAB V HASIL PENELITIAN DAN PEMBAHASAN.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (870kB)
[img]
Preview
Text
SKRIPSI LENGKAP KECUALI BAB V.pdf

Download (15MB) | Preview

Abstract

ABSTRAK Nama : Puji Prastio Nim : 11940112302 Judul : Peran Peyuluh Dalam Mendampingi Kelompok Tani Sriaman 1 Pada Kegiatan Pertanian Di Desa Bina Maju Kecamatan Rangsang Barat Kabupaten Kepulauan Meranti. Dalam pengembangan masyarakat yang dirancang untuk mengakses proyek. Sehingga sulit dipisahkan apakah kelompok masyarakat itu timbul dari motivasi masyarakat sendiri ataukah terbentuk karena proyek. Kelompok yang dibentuk karena adanya proyek, tidak akan mengakar di masyarakat. Oleh karena itu, ketika proyek selesai kelompok pun bubar. Demikian pula halnya dengan kelompok- kelompok yang dibentuk oleh masyarakat untuk mendapatkan bantuan, ketika bantuan tak kunjung datang maka aktifitas semakin surut dan akhirnya menghilang. Keberadaan Kelompok Tani, tidak lepas dari peran penyuluh di BP3K, yang mempunyai tujuan untuk membangun kemandirian kelompok tani di Desa Bina Maju. Metode penelitian merupakan proses kegiatan dalam bentuk pengumpulan data, analisis dan memberikan interprestasi yang terkait dengan tujuan penelitian. Dalam hal ini, metode penelitian ini menggunakan metode deskriptif kualitatif, dengan cara mengumpulkan data, wawancara observasi serta dokumentasi. Terdapat empat kata kunci yang perlu diperhatikan yaitu, cara ilmiah, data, tujuan, kegunaan tertentu.Dari hasil pembahasan diatas penulis dapat menyimpulkan bahwa kegiatan penyuluh pertanian sriaman 1 melaksanakan beberapa kegiatan yang dilakukan oleh kelompok tani , seperti kegiatan dalam menanam penyuluh jg membatu para pertani sriaman 1 menyelesaikan masalah yang di hadapi kelompok tani, penyuluh juga memberikan pemberdayaan terhadap kelompok tani sehingga kelompok tani dapat mandiri dan mampu menggambil keputusan sendiri dengan tepat. Penyuluh pertanian berperan sebagai motivator melakukan bimbingan kepada petani dalam melakukan budidaya tanaman yakni budidaya tanaman padi dan melaksanakan kegiatan pembuatan pupuk alami, memberikan nasehat dan motivasi kepada petani dalam memajukan usahatani, kemudian menjalankan peran sebagai fasilitator melakukan pembinaan melalui sekolah lapangan.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Contributors:
ContributionNameNIDN/NIDKEmail
Thesis advisorGinda Harahap, -2026036301ginda@uin-suska.ac.id
Subjects: 000 Karya Umum
Divisions: Fakultas Dakwah dan Komunikasi > Pengembangan Masyarakat Islam
Depositing User: fdk -
Date Deposited: 04 Jul 2024 06:58
Last Modified: 04 Jul 2024 06:58
URI: http://repository.uin-suska.ac.id/id/eprint/80612

Actions (login required)

View Item View Item