RARA FARAIKA, - (2024) PENGARUH KOMITMEN ORGANISASI DAN KUALITAS PELAYANAN AKADEMIK TERHADAP KEPERCAYAAN MAHASISWA PADA LAYANAN AKADEMIK FAKULTAS SYARIAH DAN HUKUM UIN SUSKA RIAU PERSPEKTIF EKONOMI SYARIAH. Skripsi thesis, UNIVERSITAS ISLAM NEGERI SULTAN SYARIF KASIM RIAU.
Text (BAB IV)
BAB IV.pdf - Published Version Restricted to Repository staff only Download (979kB) |
||
|
Text
SKRIPSI RARA FARAIKA.pdf Download (4MB) | Preview |
Abstract
ABSTRAK Rara Faraika, (2024): Pengaruh Komitmen Organisasi Dan Kualitas Pelayanan Akademik Terhadap Kepercayaaan Mahasiswa Pada Layanan Akademik Mahasiswa Fakultas Syariah Dan Hukum Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau Perspektif Ekonomi Syariah Komitmen organisasi dan kualitas pelayanan akademik merupakan dua hal yang mempengaruhi terwujudnya kepercayaan mahasiswa, sehingga pelayanan yang diberikan pegawai akademik harus berkualitas dan bermutu agar mahasiswa dapat percaya bahwa pelayanan yang diberikan itu baik dan bermanfaat bagi mereka. Dalam hal ini, kepercayaan adalah suatu sikap setiap individu atau pribadi seseorang, kepercayaan sikap seseorang tersebut bukan pasti kebenarannya dan bukan suatu jaminan kebenaran, dan kepercayan adalah salah satu pola pikir individu tanpa ada campur tangan orang lain. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh komitmen organisasi dan kualitas pelayanan akademik terhadap kepercayaan mahasiswa pada layanan akademik fakultas syariah dan hukum UIN Suska Riau perspektif ekonomi syariah. Metode Penelitian ini adalah penelitian kuantitatif dengan lokasi penelitian fakultas syariah dan hukum UIN Suska Riau dengan populasi dalam penelitian ini adalah mahsiswa fakultas syariah dan hukum sebanyak 3.732 orang, sedangkan yang menjadi sampel sebanyak 100 orang. Teknik pengambilan sampel adalah pendekatan rumus Slovin. Metode pengumpulan data pada penelitian ini adalah observasi, kuesioner dan dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan adalah regresi Jalur (Path analysis) dengan bantuan aplikasi IBM SPSS 29. Hasil dari penelitian ini menunjukkan, (1) terdapat pengaruh positif komitmen organisasi (X1) terhadap kepercayaan mahasiswa pada layanan akademik fakultas syariah dan hukum UIN Suska Riau, dibuktikan dari nilai t hitung sebesar 8.381 > t tabel 1.984 dengan nilai signifikan 0.000 < 0.05. (2) tidak terdapat pengaruh positif kualitas pelayanan akademik (X2) terhadap kepercayaan mahasiswa, dibuktikan dari nilai t hitung sebesar 0.679 < t tabel 1.984 dengan nilai signifikan 0.499 > 0.05. (3) Nilai R-Square sebesar 0.486 yang berarti 48,6% variasi dari kepercayaan mahasiswa dijelaskan oleh variabel bebas yaitu komitmen organisasi dan kualitas pelayanan akademik. (4) komitmen organisasi dan kualitas pelayanan akademik secara bersama-sama berpengaruh positif terhadap kepercayaan mahasiswa, ini dibuktikan dengan nilai fhitung sebesar 45.800 > ftabel 3.94 dan nilai signifikan 0,000 < 0,05. (5) Dari tinjauan ekonomi syariah, komitmen organisasi dan kualitas pelayanan akademik pada fakultas syariah dan hukum terlaksana dengan ketentuan prinsip syariah, karena sudah sesuai dengan unsur-unsur pelayanan dalam sistem ekonomi syariah. Kata kunci : Komitmen Organisasi, Kualitas Pelayanan Akademik Terhadap Kpercayaan Mahasiswa
Item Type: | Thesis (Skripsi) | ||||||||
---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|
Contributors: |
|
||||||||
Subjects: | 000 Karya Umum | ||||||||
Divisions: | Fakultas Syariah dan Hukum > Ekonomi Syari'ah | ||||||||
Depositing User: | fasih - | ||||||||
Date Deposited: | 04 Jul 2024 06:36 | ||||||||
Last Modified: | 04 Jul 2024 06:36 | ||||||||
URI: | http://repository.uin-suska.ac.id/id/eprint/80609 |
Actions (login required)
View Item |