SUCI ERDIANA, - (2024) TINJAUAN EKONOMI SYARIAH DALAM PRODUKSI DAN PEMASARAN SUSU SAPI PERAH KARYA LESTARI DI DESA BERINGIN MAKMUR KABUPATEN PELALAWAN. Skripsi thesis, UNIVERSITAS ISLAM NEGERI SULTAN SYARIF KASIM RIAU.
Text (BAB IV)
BAB IV.pdf - Published Version Restricted to Repository staff only Download (922kB) |
||
|
Text
SKRIPSI SUCI ERDIANA.pdf Download (5MB) | Preview |
Abstract
ABSTRAK Suci Erdiana, (2024): Tinjauan Ekonomi Syariah Dalam Produksi Dan Pemasaran Susu Sapi Perah Karya Lestari Di Desa Beringin Makmur Kabupaten Pelalawan Susu sapi perah adalah usaha industri yang terletak di Desa Beringin Makmur Kecamatan Kerumutan Kabupaten Pelalawan, usaha ini menarik perhatian penulis karena satu-satunya usaha susu sapi perah yang maju dan berkembang sampai saat ini diantara 12 Kecamatan di Kabupaten Pelalawan. Penulis ingin mengetahui proses produksi dan pemasaran dilakukan sehingga usaha ini terus berjalan sampai saat ini. Rumusan masalah pada penelitian ini adalah bagaimana produksi dan pemasaran susu sapi perah ditinjau dari ekonomi syariah. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana produksi dan pemasaran susu sapi perah yang di tinjau dari ekonomi syariah. Jenis penelitian ini adalah penelitian kualitatif deskriptif. Lokasi penelitian ini dilakukan di Desa Beringin Makmur Kecamatan Kerumutan Kabupaten Pelalawan. Informan dalam penelitian ini terdiri dari 3 orang yaitu pemilik usaha dan karyawan bagian pemasaran. Data penelitian ini dikumpulkan melalui eskplorasi, wawancara dan dokumentasi. Data yang sudah terkumpul kemudian dianalisa dengan menggunakan reduksi data, penyajian data dan kesimpulan. Penelitian ini menghasilkan temuan sebagai berikut: Pertama, bahanbahan produksi yang digunakan sudah memenuhi aspek kehalalan dan kethayyiban produk. Bahan-bahan sudah memenuhi standar keamanan dan kelayakan untuk di konsumsi yang dibuktikan dengan sertifikasi halal, BPOM dan pengecekan berkala terhadap kesehatan sapi perah, sertifikat NKV dan izin edar yang telah dimilikinya. Namun, untuk masa kadaluwarsa produk belum dicantumkan. Kedua, Pemasaran susu sapi perah melakukan promosi melalui spanduk, banner dan media sosial. Promosi yang dilakukan sudah mengikuti prinsip kejujuran karena yang dipromosikan sesuai dengan fakta produk yang dipasarkan. Harga jual yang ditetapkan (baik bagi distributor maupun penjual) sudah disepakati bersama tidak ada unsur garar (ketidakjelasan). Selain itu, produk susu sapi perah telah memenuhi kriteria halal dan baik dan telah menerapkan sistem return (pengembalian barang) hal ini sesuai dengan prinsip khiyar aib dalam ekonomi Islam. Kata Kunci: Produksi, Pemasaran, Ekonomi Syariah
Item Type: | Thesis (Skripsi) | ||||||||||||
---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|
Contributors: |
|
||||||||||||
Subjects: | 200 Agama > 290 Agama Selain Kristen > 297 Islam > 297.2 Teologi Islam, Aqaid dan Ilmu Kalam > 297.273 Islam dan Ilmu Ekonomi 000 Karya Umum |
||||||||||||
Divisions: | Fakultas Syariah dan Hukum > Ekonomi Syari'ah | ||||||||||||
Depositing User: | fasih - | ||||||||||||
Date Deposited: | 04 Jul 2024 04:13 | ||||||||||||
Last Modified: | 04 Jul 2024 04:16 | ||||||||||||
URI: | http://repository.uin-suska.ac.id/id/eprint/80603 |
Actions (login required)
View Item |