PENERAPAN PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE GROUP RESUME UNTUK MENINGKATKAN AKTIVITAS BELAJAR IPS MURID KELAS IV SEKOLAH DASAR NEGERI 021 SAWAH KECAMATAN KAMPAR UTARA KABUPATEN KAMPAR

Dasril, (2012) PENERAPAN PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE GROUP RESUME UNTUK MENINGKATKAN AKTIVITAS BELAJAR IPS MURID KELAS IV SEKOLAH DASAR NEGERI 021 SAWAH KECAMATAN KAMPAR UTARA KABUPATEN KAMPAR. Skripsi thesis, Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau.

[img]
Preview
Text
2012_2012464.pdf

Download (374kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Berdasarkan hasil pengamatan yang peneliti lakukan di SDN 021 Sawah Kecamatan Kampar Utara Kabupaten Kampar, terdapat beberapa fenomena yang berkaitan dengan aktivitas belajar murid di antaranya : Murid tidak semangat untuk mengerjakan latihan yang diberikan guru, sebagian murid tidak bisa mengerjakan latihan yang diberikan oleh guru dengan baik dan benar. Murid jarang memberikan tanggapan berkaitan penjelasan guru.Kurangnya rasa keingintahuan murid dalam proses pembelajaran, hal ini terlihat hanya sebagian murid yang mempunyai inisiatif untuk bertanya. Tidak adanya murid yang membuat catatan penting tentang materi yang dijelaskan oleh guru. Murid kurang memperhatikan penjelasan guru diketika proses pembelajaran. Upaya untuk mengatasi masalah rendahnya aktivitas belajar IPS murid peneliti menerapkan model pembelajaran aktif tipe Group Resume dalam proses pembelajaran. Sedangkan rumusan masalah penelitian ini adalah: Apakah penerapan pembelajaran kooperatif tipe Group Resume dapat meningkatkan aktivitas belajar IPS murid kelas IV SDN 021 Sawah Kecamatan Kampar Utara Kabupaten Kampar. Penelitian ini dilakukan dalam dua siklus dan tiap siklus dilakukan dalam tiga kali pertemuan. Agar penelitian lebih terarah sesuai dengan perencanaan, maka penelitian ini terdiri atas beberapa tahapan yaitu : perencanaan/persiapan tindakan, kemudian pelaksanaan tindakan, serta observasi dan refleksi tindakan. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa terjadi peningkatan yang positif. Sebelum dilakukan tindakan diperoleh nilai rata-rata kelas mata pelajaran IPS 50%, pada kategori kurang baik. Namun setelah dilakukan tindakan siklus I nilai aktivitas belajar murid secara klasikal meningkat menjadi 68,33%, berada pada kategori cukup. Sedangkan tindakan pada siklus II aktivitas belajar IPS murid juga meningkat dengan rata-rata 82,71%, berada pada kategori baik. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa penerapan pembelajaran kooperatif tipe Group Resume dengan baik dan benar dapat meningkatkan aktivita belajar IPS murid kelas IV SDN 021 Sawah Kecamatan Kampar.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: 300 Ilmu Sosial > 370 Pendidikan > 372 Pendidikan Dasar > 372.2 Sekolah Dasar, SD
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: Ms Mutiara Jannati
Date Deposited: 29 Sep 2016 10:25
Last Modified: 04 Oct 2016 03:03
URI: http://repository.uin-suska.ac.id/id/eprint/8059

Actions (login required)

View Item View Item