Search for collections on Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau Repository

PENINGKATAN HASIL BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN ILMU PENGETAHUAN ALAM MATERI PERUBAHAN LINGKUNGAN MELALUI STRATEGI ACTIVE LEARNING STICKING TO IT DI KELAS IV SDN 030 TAMPAN KOTA PEKANBARU

Irianti Manda Sari (2012) PENINGKATAN HASIL BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN ILMU PENGETAHUAN ALAM MATERI PERUBAHAN LINGKUNGAN MELALUI STRATEGI ACTIVE LEARNING STICKING TO IT DI KELAS IV SDN 030 TAMPAN KOTA PEKANBARU. Skripsi thesis, Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau.

[img]
Preview
Text
2012_2012404.pdf

Download (364kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini dilatar belakangi oleh rendahnya hasil belajar siswa pada mata pelajaran Ilmu Pengetahuan Alam di kelas IV SDN 030 Tampan Kota Pekanbaru. Rumusan masalah pada penelitian ini adalah apakah melalui strategi Active Learning Sticking To It, dapat meningkatkan hasil belajar IPA pada materi perubahan lingkungan siswa kelas IV SDN 030 Tampan Kota Pekanbaru. Sebagai subjek dalam penelitian ini adalah siswa kelas IV tahun pelajaran 2010- 2011 dengan jumlah sebanyak 35 orang. Sedangkan objek dalam penelitian ini adalah penerapan Strategi Active Learning Sticking To It untuk meningkatkan hasil belajar Ilmu Pengetahuan Alam. Berhasilnya penerapan strategi Active Learning Sticking To It pada mata pelajaran Ilmu Pengetahuan Alam, diketahui adanya peningkatan hasil belajar siswa dari sebelum tindakan, siklus I, dan siklus II. Pada sebelum tindakan siswa yang tuntas sebanyak 18 orang atau sekitar (51,43%), pada siklus I siswa yang tuntas sebanyak 24 orang atau ketuntasan hanya mencapai 68,57%. Walaupun ketuntasan siswa meningkat dari sebelum tindakan ke siklus I, namun secara klasikal atau secara keseluruhan hasil belajar siswa belum 75% mencapai KKM yang telah ditetapkan yaitu 65, secara individu sebagian masih ada siswa yang tidak tuntas. Setelah dilakukan tindakan perbaikan yaitu pada siklus II ternyata ketuntasan siswa mencapai 30 orang siswa atau dengan persentase 85,71%. Dengan demikian dapat diambil kesimpulan melalui penerapan Strategi Active Learning Sticking To It dapat meningkatkan hasil belajar Ilmu Pengetahuan Alam pada materi perubahan lingkungan siswa kelas IV SDN 030 Tampan Kota Pekanbaru. Kata Kunci : Hasil Belajar, Perubahan Lingkungan, Strategi Active Learning Sticking To It

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: 300 Ilmu Sosial > 370 Pendidikan > 372 Pendidikan Dasar > 372.2 Sekolah Dasar, SD
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: Ms Mutiara Jannati
Date Deposited: 29 Sep 2016 10:23
Last Modified: 04 Oct 2016 03:04
URI: http://repository.uin-suska.ac.id/id/eprint/8058

Actions (login required)

View Item View Item