Search for collections on Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau Repository

“PENGARUH UKURAN PERUSAHAAN, LEVERAGE, PROFITABILITAS, DAN KEPEMILIKAN INSTITUSIONAL TERHADAP CARBON EMISSION DISCLOSURE” (Studi Empiris Pada Perusahaan Sektor Pertambangan yang Terdaftar di BEI Tahun 2020- 2023)

FENY MAUDINA, - (2024) “PENGARUH UKURAN PERUSAHAAN, LEVERAGE, PROFITABILITAS, DAN KEPEMILIKAN INSTITUSIONAL TERHADAP CARBON EMISSION DISCLOSURE” (Studi Empiris Pada Perusahaan Sektor Pertambangan yang Terdaftar di BEI Tahun 2020- 2023). Skripsi thesis, UNIVERSITAS ISLAM NEGERI SULTAN SYARIF KASIM RIAU.

[img]
Preview
Text
TANPA BAB V.pdf

Download (1MB) | Preview
[img] Text (BAB V)
PEMBAHASAN.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (294kB)

Abstract

ABSTRAK “PENGARUH UKURAN PERUSAHAAN, LEVERAGE, PROFITABILITAS, DAN KEPEMILIKAN INSTITUSIONAL TERHADAP CARBON EMISSION DISCLOSURE” (Studi Empiris Pada Perusahaan Sektor Pertambangan yang Terdaftar di BEI Tahun 2020- 2023) Oleh: FENY MAUDINA NIM: 12070327659 Pengungkapan emisi karbon oleh perusahaan merupakan salah satu usaha yang dilakukan untuk menanggulangi permasalahan pemanasan global. Penelitian ini bertujuan untuk memberikan bukti empiris mengenai pengaruh ukuran perusahaan, leverage, profitabilitas, dan kepemilikan institusional terhadap pengungkapan emisi karbon. Populasi penelitian merupakan seluruh perusahaan yang tergabung pada sektor pertambangan yang terdaftar di BEI tahun 2020-2023. Sampel penelitian diperoleh sebanyak 10 perusahaan dengan total 40 observasi melalui metode purposive sampling. Penelitian ini menggunakan data sekunder. Teknik analisis data dilakukan melalui analisis regresi linear berganda. Hasil penelitian memberikan bukti mengenai peran positif signifikan antara ukuran Perusahaan, profitabilitas, dan kepemilikan institusional dengan pengungkapan emisi karbon pada sektor pertambangan. Sedangkan leverage tidak pengaruh positif terhadap pengungkapan emisi karbon pada sektor pertambangan. Selain itu, leverage tidak memiliki pengaruh terhadap pengungkapan emisi karbon pada perusahaan sektor industri pertambangan. Kata kunci: Pengungkapan Emisi Karbon, Ukuran Perusahaan, Leverage, Profitabilitas, Kepemilikan Institusional.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Contributors:
ContributionNameNIDN/NIDKEmail
Thesis advisorNovius2025117801andri.novius@uin-suska.ac.id
Subjects: 600 Teknologi dan Ilmu-ilmu Terapan > 650 Bisnis > 657 Akuntansi
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Ilmu Sosial > Akuntansi
Depositing User: fekon -
Date Deposited: 04 Jul 2024 08:06
Last Modified: 04 Jul 2024 08:06
URI: http://repository.uin-suska.ac.id/id/eprint/80577

Actions (login required)

View Item View Item