Search for collections on Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau Repository

PENERAPAN MULTIPLE INTELLIGENCE DALAM METODE DISKUSI UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR MATEMATIKA SISWA SISWA KELAS V SDN 025 DESA SIBIRUANG KEC. XIII KOTO KAMPAR

Hidayat Mathri (2012) PENERAPAN MULTIPLE INTELLIGENCE DALAM METODE DISKUSI UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR MATEMATIKA SISWA SISWA KELAS V SDN 025 DESA SIBIRUANG KEC. XIII KOTO KAMPAR. Skripsi thesis, Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau.

[img]
Preview
Text
2012_2012400.pdf

Download (331kB) | Preview

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah menerapkan multiple intelligence dalam metode diskusi untuk meningkatkan hasil belajar matematika siswa kelas V di SDN 025 Desa Sibiruang Kecamatan XIII Koto Kampar. Dan yang menjadi rumusan masalah dalam penelitian ini adalahBagaimana penerapan multiple intelligence dalam metode diskusi untuk dapat meningkatkan hasil belajar matematika pada pokok pembahasan operasi hitung bilangan bulat Siswa Kelas Vdi SDN 025 Desa Sibiruang Kec. XIII Koto Kampar. Penelitian ini dilakukan berbentuk penelitian tindakan kelas (PTK). Dan adapun teknik pengumpulan data melalui test dan observasi. Penerapan pembelajaran dengan mengaktifkan multiple intelligence dalam metode diskusi merupakan salah satu cara yang dipandang dapat membantu guru untuk meningkatkan kualitas pembelajaran. Pembelajaran dengan multiple intelligence dalam metode diskusi akan menerapkan variasi-variasi belajar yang dapat mengaktifkan siswa, karena pembelajaran ini memberikan berbagai macam cara belajar kepada siswa sesuai dengan kecerdasan-kecerdasan yang dimiliki siswa, seperti membimbing siswa dalam diskusi dan mengerjakan lembar kerja siswa. Berdasarkan data hasil belajar diperoleh kesimpulan terdapat perbedaan yang signifikan antara hasil belajar siswa sebelum penerapan dan hasil belajar siswa setelah penerapan. Ketuntasan hasil belajar siswa sesudah penerapan lebih meningkat bila dibandingkan dengan sebelum penerapan. Berdasarkan hasil tes belajar siswa rata-rata skor hasil belajar setelah penerapan pada siklus pertama (60,60%), pada siklus kedua (69,69%), dan siklus ketiga (78,78) lebih tinggi dari pada rata-rata skor hasil belajar sebelum penerapan (60,06). Hal ini menunjukkan penerapan multiple intelligence dalam metode diskusi dapat meningkatkan hasil belajar siswa kelas V pada pembelajaran Matematika di SDN 025 Desa Sibiruang Kec. XIII Koto Kampar. Dari keterangan di atas dapat kita simpulkan bahwa penerapan Multiple Intelligence dalam metode diskusi dapat meningkatkan hasil belajar matematika siswa kelas V di SDN 025 Desa Sibiruang Kec. XIII Koto Kampar.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: 300 Ilmu Sosial > 370 Pendidikan > 372 Pendidikan Dasar > 372.2 Sekolah Dasar, SD
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: Ms Mutiara Jannati
Date Deposited: 29 Sep 2016 10:21
Last Modified: 04 Oct 2016 03:04
URI: http://repository.uin-suska.ac.id/id/eprint/8057

Actions (login required)

View Item View Item