Search for collections on Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau Repository

STRATEGI KOMUNIKASI DINAS PENGENDALIAN PENDUDUK DAN KELUARGA BERENCANA (DISDALDUK-KB) KOTA PEKANBARU DALAM PERCEPATAN PENURUNAN STUNTING

SYADDAM DEFRIZAL, - (2024) STRATEGI KOMUNIKASI DINAS PENGENDALIAN PENDUDUK DAN KELUARGA BERENCANA (DISDALDUK-KB) KOTA PEKANBARU DALAM PERCEPATAN PENURUNAN STUNTING. Skripsi thesis, Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau.

[img]
Preview
Text
SKRIPSI TANPA BAB V.pdf

Download (3MB) | Preview
[img] Text (BAB V)
SKRIPSI BAB V.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)

Abstract

Penelitian ini dilandaskan berdasarkan oleh permasalahan stunting yang selalu menjadi masalah serius yang terjadi disetiap tahunnya di Indonesia. Stunting merupakan kekurangan gizi kronis yang terjadi pada anak sehingga menyebabkan gagal tumbuh baik fisik maupun otak. Hal ini jika dibiarkan dapat mengakibatkan terganggunya sumberdaya manusia di masa yang akan datang. Penelitian ini bertujuan untuk Mengetahui Strategi Komunikasi Dinas Pengendalian Penduduk dan Keluarga Berencana (DISDALDUK-KB) Kota Pekanbaru Dalam Percepatan Penurunan Stunting. Pada penelitian ini menggunakana Metode Deskriptif Kualitatif dengan teknik pengumpulan data melalui wawancara, dokumentasi dan observasi. Penelitian ini menunjukan hasil bahwa strategi komunikasi yang di lakukukan oleh Dinas Pengendalian penduduk dan Keluarga Berencana (DISDALDUK-KB) Kota Pekanbaru berhasil menekan kasus stunting baru dengan melakukan pencegahan dari hulu ke hilir. Dengan melakukan pencegahan melalui pesan-pesan komunikasi tentang stunting serta berencana dalam keluarga, pendampingan serta menjadi fasilitator pelayanan masyarakat terutama kepada remaja calon pengantin, ibu hamil hingga pasca saling serta anak berusia 0 hingga 59 bulan. Kegiatan yang dilakukan oleh DISDALDUK-KB memberikan hasil yang positif terdapat penurunan kasus stunting baru hampir di seluruh wilayah Kota Pekanbaru. Ini menunjukan bahwa strategi yang dilakukan berhasil dan mampu meningkatkan kualitas hidup masyarakat.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Contributors:
ContributionNameNIDN/NIDKEmail
Thesis advisorRusyda Fauzana1004058402rusyda@uin-suska.ac.id
Subjects: 300 Ilmu Sosial > 302 Interaksi Sosial, Hubungan Antarpersonal > 302.2 Komunikasi
Divisions: Fakultas Dakwah dan Komunikasi > Ilmu Komunikasi
Depositing User: fdk -
Date Deposited: 04 Jul 2024 07:06
Last Modified: 04 Jul 2024 07:06
URI: http://repository.uin-suska.ac.id/id/eprint/80562

Actions (login required)

View Item View Item