Niarlis (2012) MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN SAINS MATERI ALAT PERNAPASAN MANUSIA DAN BEBERAPA HEWAN MELALUI STRATEGI EVERYONE IS A TEACHER HERE SISWA KELAS V SEKOLAH DASAR NEGERI 007 SIBIRUANG KECAMATAN KOTO KAMPAR HULU. Skripsi thesis, Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau.
|
Text
2012_2012315.pdf Download (494kB) | Preview |
Abstract
Penelitian ini dilakukan untuk meningkatkan hasil belajar siswa yang rendah dalam mata pelajaran sains serta seringnya siswa tersebut mengikuti program remedial untuk peningkatan. Perumusan masalah penelitian ini yaitu: Apakah penerapan strategi Everyone is a Teacher Here dapat meningkatkan hasil belajar sains siswa kelas V SDN 007 Sibiruang Kecamatan Koto Kampar Hulu pada materi alat pernapasan manusia dan beberapa hewan? Subjek penelitian ini adalah siswa kelas V SD Negeri 007 Sibiruang Kecamatan Koto Kampar Hulu pada Tahun Pelajaran 2010/2011. Sedangkan objek penelitian ini adalah meningkatkan hasil belajar siswa pada mata pelajaran sains dengan spesifikasi pada alat pernapasan manusia dan beberapa hewan. Kegiatan pembelajaran dilaksanakan melalui dua siklus dimana Siklus I terdiri dari tiga pertemuan dan Siklus II terdiri dari dua pertemuan. Penerapan strategi Everyone is a Teacher Here ini menggunakan dua orang kolaborator yang mengamati kegiatan guru dan kegiatan siswa dalam belajar. Kegiatan pembelajaran dilaksanakan melalui empat tahap, yaitu: (1) tahap perencanaan; (2) tahap pelaksanaan; (3) tahap observasi; dan (4) tahap refleksi. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini yaitu: (1) teknik observasi; dan (2) teknik tes. Berdasarkan hasil analisis data ditemukan bahwa: (1) Kegiatan guru meningkat dalam penerapan strategi Everyone is a Teacher Here dari Pertemuan I ke Pertemuan II dan ke Pertemuan III pada Siklus I dan begitu juga terjadi peningkatan penerapannya oleh guru pada Pertemuan I dan II pada Siklus II; (2) Kegiatan dan keterlibatan siswa selama proses belajar juga meningkat dari Pertemuan I ke Pertemuan II dan ke Pertemuan III pada Siklus I dan begitu juga terjadi peningkatan penerapannya oleh guru pada Pertemuan I dan II pada Siklus II; dan (3) Hasil belajar siswa juga meningkat dan sebelum penerapan strategi Everyone is a Teacher Here (sebelum tindakan), yaitu dengan rata-rata 33,33 % meningkat pada Pertemuan I yaitu dengan rata-rata 38,9% dan meningkat lagi pada Pertemuan II yaitu dengan rata-rata 55,61% dan meningkat lagi pada Pertemuan III yaitu dengan rata-rata 68,89% pada Siklus 1. Hal serupa juga terjadi peningkatan hasil belajar mereka pada Pertemuan I yaitu dengan rata-rata 62,23% meningkat pada Pertemuan II yaitu dengan rata-rata 83,34% pada Siklus II. Secara keseluruhan terjadi peningkatan dari Siklus I yaitu dengan rata-rata 83,34% meningkat lagi pada Siklus II yaitu dengan rata-rata 88.89 %.
Item Type: | Thesis (Skripsi) |
---|---|
Subjects: | 300 Ilmu Sosial > 370 Pendidikan > 372 Pendidikan Dasar > 372.2 Sekolah Dasar, SD |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah |
Depositing User: | Ms Mutiara Jannati |
Date Deposited: | 29 Sep 2016 10:19 |
Last Modified: | 04 Oct 2016 03:04 |
URI: | http://repository.uin-suska.ac.id/id/eprint/8056 |
Actions (login required)
View Item |