Search for collections on Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau Repository

MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN SAINS MATERI ALAT PERNAPASAN MANUSIA DAN BEBERAPA HEWAN MELALUI STRATEGI EVERYONE IS A TEACHER HERE SISWA KELAS V SEKOLAH DASAR NEGERI 007 SIBIRUANG KECAMATAN KOTO KAMPAR HULU

Niarlis (2012) MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN SAINS MATERI ALAT PERNAPASAN MANUSIA DAN BEBERAPA HEWAN MELALUI STRATEGI EVERYONE IS A TEACHER HERE SISWA KELAS V SEKOLAH DASAR NEGERI 007 SIBIRUANG KECAMATAN KOTO KAMPAR HULU. Skripsi thesis, Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau.

[img]
Preview
Text
2012_2012315.pdf

Download (494kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini dilakukan untuk meningkatkan hasil belajar siswa yang rendah dalam mata pelajaran sains serta seringnya siswa tersebut mengikuti program remedial untuk peningkatan. Perumusan masalah penelitian ini yaitu: Apakah penerapan strategi Everyone is a Teacher Here dapat meningkatkan hasil belajar sains siswa kelas V SDN 007 Sibiruang Kecamatan Koto Kampar Hulu pada materi alat pernapasan manusia dan beberapa hewan? Subjek penelitian ini adalah siswa kelas V SD Negeri 007 Sibiruang Kecamatan Koto Kampar Hulu pada Tahun Pelajaran 2010/2011. Sedangkan objek penelitian ini adalah meningkatkan hasil belajar siswa pada mata pelajaran sains dengan spesifikasi pada alat pernapasan manusia dan beberapa hewan. Kegiatan pembelajaran dilaksanakan melalui dua siklus dimana Siklus I terdiri dari tiga pertemuan dan Siklus II terdiri dari dua pertemuan. Penerapan strategi Everyone is a Teacher Here ini menggunakan dua orang kolaborator yang mengamati kegiatan guru dan kegiatan siswa dalam belajar. Kegiatan pembelajaran dilaksanakan melalui empat tahap, yaitu: (1) tahap perencanaan; (2) tahap pelaksanaan; (3) tahap observasi; dan (4) tahap refleksi. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini yaitu: (1) teknik observasi; dan (2) teknik tes. Berdasarkan hasil analisis data ditemukan bahwa: (1) Kegiatan guru meningkat dalam penerapan strategi Everyone is a Teacher Here dari Pertemuan I ke Pertemuan II dan ke Pertemuan III pada Siklus I dan begitu juga terjadi peningkatan penerapannya oleh guru pada Pertemuan I dan II pada Siklus II; (2) Kegiatan dan keterlibatan siswa selama proses belajar juga meningkat dari Pertemuan I ke Pertemuan II dan ke Pertemuan III pada Siklus I dan begitu juga terjadi peningkatan penerapannya oleh guru pada Pertemuan I dan II pada Siklus II; dan (3) Hasil belajar siswa juga meningkat dan sebelum penerapan strategi Everyone is a Teacher Here (sebelum tindakan), yaitu dengan rata-rata 33,33 % meningkat pada Pertemuan I yaitu dengan rata-rata 38,9% dan meningkat lagi pada Pertemuan II yaitu dengan rata-rata 55,61% dan meningkat lagi pada Pertemuan III yaitu dengan rata-rata 68,89% pada Siklus 1. Hal serupa juga terjadi peningkatan hasil belajar mereka pada Pertemuan I yaitu dengan rata-rata 62,23% meningkat pada Pertemuan II yaitu dengan rata-rata 83,34% pada Siklus II. Secara keseluruhan terjadi peningkatan dari Siklus I yaitu dengan rata-rata 83,34% meningkat lagi pada Siklus II yaitu dengan rata-rata 88.89 %.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: 300 Ilmu Sosial > 370 Pendidikan > 372 Pendidikan Dasar > 372.2 Sekolah Dasar, SD
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: Ms Mutiara Jannati
Date Deposited: 29 Sep 2016 10:19
Last Modified: 04 Oct 2016 03:04
URI: http://repository.uin-suska.ac.id/id/eprint/8056

Actions (login required)

View Item View Item