Search for collections on Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau Repository

KORELASI ANTARA MINAT BELAJAR DAN AKTIFITAS BELAJAR DALAM MATA PELAJARAN AGAMA ISLAM SISWA SD N 014 MUARA TAKUS KECAMATAN XIII KOTO KAMPAR KABUPATEN KAMPAR

Asi Lestari (2012) KORELASI ANTARA MINAT BELAJAR DAN AKTIFITAS BELAJAR DALAM MATA PELAJARAN AGAMA ISLAM SISWA SD N 014 MUARA TAKUS KECAMATAN XIII KOTO KAMPAR KABUPATEN KAMPAR. Skripsi thesis, Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau.

[img]
Preview
Text
2012_2012299.pdf

Download (464kB) | Preview

Abstract

Jenis penelitian ini adalah penelitian Korelasi Antara Mianat Belajar dan Aktifitas Belajar dalam Mata Pelajaran Agama Islam Siswa SDN 014 Muara Takus Kecamatan XIII Koto Kampar Kabupaten Kampar. Adapun permasalahan dalam penelitian ini adalah banyaknya siswa yang kurang memiliki minat dalam mata pelajaran Agama Islam. Tujuan dari penelitian ini adalah mengetahui korelasi antara minat dengan aktifitas belajar dalam mata pelajaran Agama Islam dan faktor-faktor yang mempengaruhi minat dan aktifitas siswa dalam belajar Agama Islam di SD N 014 Muara Takus Kecamatan XIII Koto Kampar Kabupaten Kampar. Subjek dalam penelitian ini adalah seluruh siswa dari kelas IV SD N 014 dan objeknya adalah korelasi antara minat bejar dan aktifitas belajar siswa dalam mata pelajaran Agama Islam siswa SDN 014 Muara Takus Kecamatan XIII Koto Kampar Kabupaten Kampar. Dalam penelitian ini teknik pengumpulan data adalah angket, observasi, wawancara dan dokumentasi. Kemudian dianalisis dengan menggunakan teknik korelasi koefisiensi kontingensi. Setelah data dianalisa dapat diperoleh bahwa ada hubungan yang signifikan antara minat dan aktifitas belajar siswa dalam mata pelajaran Agama Islam SD N 014 Muara Takus Kecamatan XIII Koto Kampar Kabupaten Kampar, berdasarkan hasil dari korelasi kontingensi rt 5% dan rt 1% 0,174 91,42 0,228. Adapun faktor-faktor yang mempengaruhi diantaranya: kurangnya ketertarikan siswa mendengar penjelasan guru, kurangnya keberanian siswauntuk mengajukan pertanyaan tenteng pelajaran yang belum dimengerti dalam mengikuti pelajaran yang diberikan guru, kurangnya kemauan siswa untuk menyelesaikan tugas-tugas yang diberikan, kurangnya siswa mengulang pelajaran di rumah serta membuat kesimpulan, kurangnya kedisiplinan siswa dalam belajar.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: 300 Ilmu Sosial > 370 Pendidikan > 372 Pendidikan Dasar > 372.2 Sekolah Dasar, SD
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: Ms Mutiara Jannati
Date Deposited: 29 Sep 2016 10:15
Last Modified: 04 Oct 2016 03:04
URI: http://repository.uin-suska.ac.id/id/eprint/8054

Actions (login required)

View Item View Item