Search for collections on Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau Repository

PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN RELATING, EXPERIENCING, APPLYING, COOPERATING, TRANSFERRING UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN KOMUNIKASI MATEMATIS SISWA PADA MUATAN PELAJARAN MATEMATIKA KELAS IV SD IT AL-IZHAR SCHOOL PEKANBARU

BUNGA VALENTIN, - (2024) PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN RELATING, EXPERIENCING, APPLYING, COOPERATING, TRANSFERRING UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN KOMUNIKASI MATEMATIS SISWA PADA MUATAN PELAJARAN MATEMATIKA KELAS IV SD IT AL-IZHAR SCHOOL PEKANBARU. Skripsi thesis, UIN SUSKA RIAU.

[img] Text
BAB IV - BUNGA VALENTIN.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)
[img]
Preview
Text
SKRIPSI-BUNGA VALENTIN- BAB I-II-III-V.pdf - Published Version

Download (7MB) | Preview

Abstract

ABSTRAK Bunga Valentin, (2024): Penerapan Model Pembelajaran Relating, Experiencing, Applying, Cooperating, Transferring untuk Meningkatkan Kemampuan Komunikasi Matematis Siswa pada Muatan Pelajaran Matematika Kelas IV SDIT AlIzhar School Pekanbaru. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan peningkatan kemampuan komunikasi matematis siswa pada muatan pelajaran matematika kelas IV SDIT AlIzhar School Pekanbaru melalui model pembelajaran relating, experiencing, applying, cooperating, transferring. Penelitian ini dilaksanakan selama 2 siklus, tiap siklus dilaksanakan 2 kali pertemuan. Teknik pengumpulan data pada penelitian ini adalah observasi, tes, dan dokumentasi. Sedangkan teknik analisis data yang digunakan yaitu analisis deskriptif kualitatif dengan persentase. Hasil penelitian dan analisis data menunjukkan bahwa kemampuan komunikasi matematis siswa sebelum tindakan masih rendah, 4% pada kategori baik sekali, 4% pada kategori baik, 24% pada kategori cukup baik, 48% pada kategori kurang, dan 20% pada kategori kurang sekali. Setelah dilakukan tindakan perbaikan pembelajaran melalui model pembelajaran relating, experiencing, applying, cooperating, transferring pada siklus I kemampuan komunikasi matematis siswa meningkat, dimana 4% pada kategori baik sekali, 40% pada kategori baik, 32% pada kategori cukup baik, dan 24% berada pada kategori kurang. Pada siklus II kemampuan komunikasi matematis siswa mengalami peningkatan kembali, dimana 52% pada kategori baik sekali, 40% pada kategori baik, 8% pada kategori cukup baik. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa penerapan model pembelajaran relating, experiencing, applying, cooperating, transferring dapat meningkatkan kemampuan komunikasi matematis siswa di kelas IV SDIT Al-Izhar School Pekanbaru. Kata Kunci: Model Pembelajaran Relating, Experiencing, Applying, Cooperating, Transferring, Kemampuan Komunikasi Matematis.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: 000 Karya Umum
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: ftk -
Date Deposited: 03 Jul 2024 06:45
Last Modified: 03 Jul 2024 06:45
URI: http://repository.uin-suska.ac.id/id/eprint/80533

Actions (login required)

View Item View Item