PENERAPAN STRATEGI MEROTASI PERTUKARAN PENDAPAT KELOMPOK TIGA ORANG UNTUK MENINGKATKAN AKTIVITAS BELAJAR PKn SISWA KELAS V MADRASAH IBTIDAIYAH DARUD DA’WAH WAL-IRSYAD BENTENG KECAMATAN SUNGAI BATANG KABUPATEN INDRAGIRI HILIR

Nurgusma Wati, (2012) PENERAPAN STRATEGI MEROTASI PERTUKARAN PENDAPAT KELOMPOK TIGA ORANG UNTUK MENINGKATKAN AKTIVITAS BELAJAR PKn SISWA KELAS V MADRASAH IBTIDAIYAH DARUD DA’WAH WAL-IRSYAD BENTENG KECAMATAN SUNGAI BATANG KABUPATEN INDRAGIRI HILIR. Skripsi thesis, Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau.

[img]
Preview
Text
2012_2012292.pdf

Download (503kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas (Class Action Reseachi). Untuk meningkatakan aktivitas belajar siswa maka pada penelitian ini diterapkan strategi Merotasi Pertukaran Pendapat Kelompok Tiga orang. Adapun perumusan masalah dalam penelitian ini adalah: ” Apakah penerapan strategi merotasi pertukaran pendapat kelompok tiga orang untuk meningkatkan aktivitas belajar PKn siswa pada kelas V Madrasah Ibtidaiyah Darud Da’wah Wal-Irsyad Benteng Kecamatan Sungai Batang Kabupaten Indragiri Hilir?”. Sedangkan yang menjadi hipotesis penelitian yaitu: melalui penerapan strategi Merotasi Pertukaran Pendapat Kelompok Tiga Orang dapat meningkatkan aktivitas belajar siswa pada mata pelajaran PKn kelas V MI Darud Da’wah Wal-Irsyad Benteng Kecamatan Sungai Batang Kabupaten Indragiri Hilir. Penelitian ini dilakukan dalam dua siklus, dan setiap siklus dilakukan dalam dua kali pertemuan. Agar penelitian tindakan kelas ini berhasil dengan baik tanpa hambatan yang mengganggu kelancaran penelitian, peneliti menyusun tahapan-tahapan yang dilalui dalam penelitian tindakan kelas, yaitu: 1) Perencanaan/persiapan tindakan, 2) Pelaksanaan tindakan, 3) Observasi dan Refleksi. Berdasarkan hasil penelitian, maka dapat diketahui bahwa terjadinya peningkatan aktivitas belajar siswa pada mata pelajaran PKn kelas V MI DDI Benteng Kecamatan Sungai Batang Kabupaten Indragiri Hilir dari data awal peneliti memperoleh skor rata-rata 46% berada pada klasifikasi sedang. Setelah dilakukan tindakan perbaikan pada siklus I terjadi peningkatan aktivitas belajar siswa dengan rat-rata persentse 64% dengan kategori tinggi. Sedangkan pada siklus II juga terjadi peningkatan rata-rata persentse 79% dengan kategori sangat tinggi. Hasil ini menunjukkan bahwa melalui strategi Merotasi Pertukran Pendapat Kelompok Tiga Orang dapat meningkatkan aktivitas belajar siswa.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: 300 Ilmu Sosial > 370 Pendidikan > 372 Pendidikan Dasar > 372.2 Sekolah Dasar, SD
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: Ms Mutiara Jannati
Date Deposited: 29 Sep 2016 10:10
Last Modified: 04 Oct 2016 03:05
URI: http://repository.uin-suska.ac.id/id/eprint/8051

Actions (login required)

View Item View Item