Search for collections on Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau Repository

PELAKSANAAN PENGAWASAN KANTOR URUSAN AGAMA TERHADAP PENGELOLAAN HARTA BENDA WAKAF (Studi Kasus Di Kantor Urusan Agama Kecamatan Rumbio Jaya Kabupaten Kampar)

Tarmizi. T, Tarmizi (2024) PELAKSANAAN PENGAWASAN KANTOR URUSAN AGAMA TERHADAP PENGELOLAAN HARTA BENDA WAKAF (Studi Kasus Di Kantor Urusan Agama Kecamatan Rumbio Jaya Kabupaten Kampar). Skripsi thesis, Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau.

[img]
Preview
Text (SKRIPSI GABUNGAN)
SKRIPSI GABUNGAN.pdf

Download (2MB) | Preview
[img] Text (BAB IV)
BAB IV.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (639kB)

Abstract

Adapun permasalahan dalam penelitian ini adalah kurangnya tenaga atau pejabat KUA dalam melakukan pengawasan terhadap pengelola nadzir. Jarangnya pengelola atau nadzir dalam melaporkan harta benda wakaf kepada KUA Kecamatan Rumbio Jaya. Karena pengelola harta benda wakaf sering meremehkan tanggung jawab mereka. Hal ini terus terjadi, sehingga tidak mungkin untuk sering memantau harta benda wakaf dan menyebabkan pemantauan menjadi terganggu. KUA Kecamatan Rumbio Jaya menghadapi tantangan dalam mengawasi pengelola harta benda wakaf karena keterbatasan waktu, karena KUA menangani lebih dari sekadar hal-hal terkait wakaf. Jarangnya nadzir atau pengelola dalam melaporkan harta benda wakaf dan pengelola atau nadzir beranggapan bahwa harta benda wakaf tersebut akan baik-baik saja, bahkan tanpa adanya pengawasan yang rutin. Bahwa harta benda wakaf tersebut akan tetap terlindungi dan terjamin. Penelitian yang dilaksanakan adalah dengan menggunakan metode kualitatif lapangan yang mengambil lokasi di KUA Kecamatan Rumbio Jaya dengan objek kajian peneliti adalah tentang harta benda wakaf yang difokuskan pada permasalahan pelaksanaan pengawasan Kantor Urusan Agama terhadap pengelolaan harta benda wakaf. Adapun sampel penelitian ini diambil berdasarkan sample yaitu pejabat KUA. Maka untuk mengetahui hasil atau kebenaran permasalahan dalam penelitiaan ini, penulis menggunakan instrumen pengumpulan data dengan cara obesrvasi, wawancara dan dokumentasi. Sedangkan untuk pengelola dan menganalisis data dilakukan dengan deduktif, induktif dan deskriptif. Hasil yang diperoleh dari penelitian ini yaitu pelaksanaan pengawasan yang telah dilakukan Kantor Urusan Agama Kecamatan Rumbio Jaya, yaitu sudah ada prosedur secara manual dan baku, tertulis dan teruji sebagai dasar (ukuran) bagi pengawas untuk melaksanakan pengawasan, bahwa pengelolaan harta benda wakaf di Kecamatan Rumbio Jaya sudah cukup baik. Namun, masih terdapat beberapa hal yang perlu dikembangkan, yaitu: Peningkatan kesadaran masyarakat tentang harta benda wakaf. Peningkatan kapasitas pengawas dan pengelola harta benda wakaf.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Pengawasan, Pengelolaan dan Harta Benda Wakaf
Subjects: 000 Karya Umum
Divisions: Fakultas Syariah dan Hukum > Hukum Keluarga (Ahwal Al-Syakhsiyah)
Depositing User: fasih -
Date Deposited: 03 Jul 2024 06:48
Last Modified: 03 Jul 2024 06:48
URI: http://repository.uin-suska.ac.id/id/eprint/80505

Actions (login required)

View Item View Item