PENERAPAN TEKNIK MASALAH YANG PALING TIDAK JELAS UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR PENDIDIKAN KEWARGANEGARAAN PADA MATERI KEUTUHAN NKRI SISWA KELAS V SEKOLAH DASAR NEGERI 001 SIMPANG TANAH LAPANG KECAMATAN KUANTAN HILIR KABUPATEN KUANSING

Restu Fadhilah, (2012) PENERAPAN TEKNIK MASALAH YANG PALING TIDAK JELAS UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR PENDIDIKAN KEWARGANEGARAAN PADA MATERI KEUTUHAN NKRI SISWA KELAS V SEKOLAH DASAR NEGERI 001 SIMPANG TANAH LAPANG KECAMATAN KUANTAN HILIR KABUPATEN KUANSING. Skripsi thesis, Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau.

[img]
Preview
Text
2012_2012291.pdf

Download (480kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar PKn pada materi Keutuhan NKRI siswa kelas V Sekolah Dasar Negeri 001 Simpang Tanah Lapang Kecamatan Kuantan Hilir Kabupaten Kuansing dengan penerapan teknik masalah yang paling tidak jelas. Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah “Apakah penerapan teknik masalah yang paling tidak jelas dapat meningkatkan hasil belajar PKn pada materi Keutuhan NKRI siswa kelas V Sekolah Dasar negeri 001 Simpang Tanah Lapang Kecamatan Kuantan Hilir Kabupaten Kuansing?” Penelitian ini merupakan Penelitian Tindakan Kelas yaitu guru berperan langsung dalam proses pembelajaran. Subjek dalam penelitian ini adalah siswa kelas V SDN 001 Simpang Tanah Lapang, yang berjumlah 36 orang siswa dan objek dalam penelitian ini adalah menggunakan teknik masalah yang paling tidak jelas pada mata pelajaran Pendidikan Kewarganegaraan. Pengambilan data dalam penelitan ini menggunakan teknik observasi dan tes hasil belajar. Hasil yang telah dicapai dalam penelitian ini yaitu adanya peningkatan hasil belajar siswa dari sebelum tindakan dengan rata-rata 60,27 meningkat menjadi 64,72 dengan persentase 47% pada siklus I dan 80,83 dengan persentase 86% pada siklus II.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: 300 Ilmu Sosial > 370 Pendidikan > 372 Pendidikan Dasar > 372.2 Sekolah Dasar, SD
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: Ms Mutiara Jannati
Date Deposited: 29 Sep 2016 10:08
Last Modified: 04 Oct 2016 02:58
URI: http://repository.uin-suska.ac.id/id/eprint/8050

Actions (login required)

View Item View Item