FAKTOR-FAKTOR YANG MEMPENGARUHI KEPUTUSAN KONSUMEN DALAM MENGGUNAKAN JASA KESEHATAN PADA RUMAH SAKIT IBU DAN ANAK ERIA BUNDA PEKANBARU

Selina, (2011) FAKTOR-FAKTOR YANG MEMPENGARUHI KEPUTUSAN KONSUMEN DALAM MENGGUNAKAN JASA KESEHATAN PADA RUMAH SAKIT IBU DAN ANAK ERIA BUNDA PEKANBARU. Skripsi thesis, Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau.

[img]
Preview
Text
2011_201119.pdf

Download (329kB) | Preview

Abstract

Meningkatnya jumlah penduduk perkotaan dan perkembangan industri kesehatan yang sangat cepat telah mengakibatkan semakin ketatnya persaingan dibidang bisnis kesehatan. Konsumen bebas memilih menggunakan jasa kesehatan untuk dirinya sendiri sesuai dengan kemampuan finansial dan kepercayaannya terhadap kualitas pelayaan rumah sakit. Kondisi ini memaksa perusahaan kesehatan dalam hal ini Rumah Sakit untuk dapat menemukan sebuah solusi atau strategi yang tepat untuk mencapai keunggulan kompetitif dengan harapan agar perusahaan dapat bertahan dan memenangkan persaingan. Untuk itu penelitian tentang keputusan konsumen layak dilakukan sebagai salah satu acuan dalam menetapkan kebijakan perusahaan. Keputusan konsumen menggunakan jasa kesehatan diantaranya dipengaruhi oleh dua faktor utama yaitu faktor internal daan faktor eksternal konsumen. Adapun permasalahan penelitian dirumuskan “apakah faktor internal dan faktor eksternal berpengaruh terhadap keputusan konsumen”. Sampel yang diambil dalam penelitian ini adalah sebanyak 100 orang pasien di RSIA Eria Bunda Pekanbaru yang dijumpai dan diminta mengisi angket. Dari kedua faktor tersebut dilakukan penelitian dengan analisis regresi linier berganda setelah dilakukan uji validitas dan reliabilitas. Selain itu dilakukan uji asumsi klasik yang meliputi uji multikolinearitas, heterokedastisitas, normalitas data dan uji linieritas. Hasil analisis data yang telah dilakukan, untuk variabel faktor internal didapat nilai thitung sebesar 2,62 dan variable faktor eksternal sebesar 3,535. Dari hasil tersebut dapat disimpulkan bahwa variable faktor internal (X1) dan variable faktor eksternal (X2) mempunyai nilai lebih besar dari t tabel sebesar 1,984, maka secara individu berpengaruh terhadap keputusan konsumen menggunakan jasa kesehatan pada Rumah Sakit Ibu dan Anak (RSIA) Eria Bunda Pekanbaru (Y). Dari perhitungan yang telah dilakukan dapat diketahui bahwa nilai Fhitung sebesar 41.356 lebih besar dari Ftabel sebesar 3,090. Dengan demikian dapat diartikan bahwa faktor internal dan eksternal konsumen secara bersama-sama berpengaruh terhadap keputusan konsumen menggunakan Jasa kesehatan pada RSIA Eria Bunda Pekanbaru.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: 600 Teknologi dan Ilmu-ilmu Terapan > 650 Bisnis > 658 Manajemen Umum
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Ilmu Sosial > Manajemen
Depositing User: eva sartika
Date Deposited: 14 Jan 2016 08:15
Last Modified: 14 Jan 2016 08:15
URI: http://repository.uin-suska.ac.id/id/eprint/805

Actions (login required)

View Item View Item