PENINGKATAN HASIL BELAJAR ILMU PENGETAHUAN SOSIAL PADA MATERI MASALAH SOSIAL MELALUI STRATEGI DOMINO SISWA KELAS IV SDN 012 TANJUNG BERULAK KECAMATAN KAMPAR KABUPATEN KAMPAR

Siska Fatria, (2012) PENINGKATAN HASIL BELAJAR ILMU PENGETAHUAN SOSIAL PADA MATERI MASALAH SOSIAL MELALUI STRATEGI DOMINO SISWA KELAS IV SDN 012 TANJUNG BERULAK KECAMATAN KAMPAR KABUPATEN KAMPAR. Skripsi thesis, Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau.

[img]
Preview
Text
2012_2012288.pdf

Download (464kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini dilatar belakangi oleh rendahnya hasil belajar siswa pada mata pelajaran Ilmu Pengetahuan Sosial di kelas IV S SDN 012 Tanjung Berulak Kecamatan Kampar Kabupaten Kampar. Gejala ditemui dilapangan bahwa hanya sebagian siswa yang hasil belajarnya telah mencapai nilai di atas Kriteria Ketuntasan Minimal (KKM) yang telah ditetapkan, sulitnya siswa memusatkan perhatian sehingga siswa tidak mendapat informasi dalam membangun pengetahuan, dan adanya sebagian siswa yang banyak bermain bersama teman sebangku ketika guru menjelaskan pelajaran. Tujuan penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan peningkatan hasil belajar Ilmu Pengetahuan Sosial Pada Materi Masalah Sosial Siswa Kelas IV SDN 012 Tanjung Berulak Kecamatan Kampar Kabupaten Kampar melalui strategi domino. Prosedur penelitian yang dilalui dalam penelitian tindakan kelas, yaitu: 1) Perencanaan/persiapan tindakan, 2) Pelaksanaan tindakan, 3) Observasi, dan 4) Refleksi. Berhasilnya penerapan strategi domino pada mata pelajaran Ilmu Pengetahuan Sosial, diketahui adanya peningkatan hasil belajar siswa dari sebelum tindakan, siklus I, dan siklus II. Pada sebelum tindakan hanya mencapai 9 orang (45,00) siswa yang tuntas, sedangkan 11 orang siswa (55,00%) belum tuntas. Sedangkan setelah tindakan yaitu pada siklus I ketuntasan belajar siswa meningkat menjadi 14 orang (70,00%) siswa yang tuntas. Sedangkan 6 orang siswa (30,00%) belum tuntas. Sedangkan pada siklus II ketuntasan siswa telah melebihi 75%, yaitu dengan ketuntasan sebesar 90,00% atau sekitar 18 orang siswa yang mencapai KKM yang telah ditetapkan, yaitu 65. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa melalui penerapan strategi domino, maka hasil belajar Ilmu Pengetahuan Sosial pada materi masalah sosial siswa kelas IV SDN 012 Tanjung Berulak Kecamatan Kampar Kabupaten Kampar dapat meningkat.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: 300 Ilmu Sosial > 370 Pendidikan > 372 Pendidikan Dasar > 372.2 Sekolah Dasar, SD
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: Ms Mutiara Jannati
Date Deposited: 28 Sep 2016 02:30
Last Modified: 28 Sep 2016 02:30
URI: http://repository.uin-suska.ac.id/id/eprint/8047

Actions (login required)

View Item View Item