SYOFYAN ALI LUBIS, - (2024) PENGARUH HARGA DAN KUALITAS PRODUK TERHADAP PERSAINGAN USAHA ADVERTISING DI JALAN PANGERAN HIDAYAT PEKANBARU MENURUT PERSPEKTIF EKONOMI SYARIAH. Skripsi thesis, UNIVERSITAS ISLAM NEGERI SULTAN SYARIF KASIM RIAU.
|
Text
SKRIPSI SYOFYAN ALI LUBIS.pdf Download (6MB) | Preview |
|
Text (BAB IV)
BAB IV.pdf - Published Version Restricted to Repository staff only Download (970kB) |
Abstract
ABSTRAK Syofyan Ali Lubis, (2024):Pengaruh Harga Dan Kualitas Produk Terhadap Persaingan Usaha Advertising Di Jalan Pangeran Hidayat Pekanbaru Menurut Perspektif Ekonomi Syariah. Seiring dengan kebutuhan suatu perusahaan untuk mempromosikan usaha yang dijalankan oleh perusahan tersebut, maka usaha periklanan atau advertising ini meningkat pesat di jalan Pangeran Hidayat Pekanbaru karena tempatnya yang sangat strategis, selain berada di tengah perkotaan dan juga di kelilingi oleh lembaga, organisasi, perusahaan, dan instansi pemerintah.dalam hal ini akan meningkatkan persaingan harga dan kualitas produk dalam usaha Advertising. Dalam ekonomi, persaingan atau kompetisi adalah bersaingnya para penjual yang sama-sama berusaha mendapatkan keuntungan, pangsa pasar dan jumlah penjualan. Harga (Price) dalam arti sempit menurut Kotler adalah jumlah yang ditagihkan atas suatu produk atau jasa. Lebih luas lagi harga adalah jumlah semua nilai yang diberikan oleh pelanggan untuk mendapatkan keuntungan dari memiliki atau menggunakan suatu produk atau jasa. Harga adalah satu-satunya elemen dalam bauran pemasaran yang menghasilkan pendapatan. Kualitas Produk (Product Quality) adalah kemampuan suatu produk untuk melaksanakan fungsinya meliputi, daya tahan keandalan, ketepatan kemudahan operasi dan perbaikan, serta atribut bernilai lainnya. Jenis Penelitian yang digunakan adalah Penelitian Kuantitatif. Penelitian kuantiitatif adalah jenis penelitian yang menggunakan analisis data berbentuk numeric atau angka, penelitian ini untuk menguji hipotesis atau teori dengan pengukuran variabel. Pengumpulan data dengan menggunakan instrument penelitian, analisi data statistic yang telah di tetapkan. Berdasarkan hasil penelitian menunjukkan bahwa : (1) Ha1 diterima yang menyatakan harga berpengaruh positif dan signifikan terhadap persaingan usaha. Hal ini berdasarkan uji parsial (uji t) yang diperoleh nilai terhitung sebesar 2,550 > ttabel 2,048. (2) Ha0 diterima yang menyatakan kualitas produk tidak berpengaruh positif dan tidak signifikan terhadap persaingan usaha. Hal ini berdasarkan uji parsial (uji t) yang diperoleh nilai terhitung sebesar -0,664 < t tabel 2,0484. (3) Ha3 diterima yang menyatakan harga dan kualitas produk secara bersama-sama berpengaruh positif dan signifikan terhadap persaingan usaha. Hal ini berdasarkan uji simultan (uji f) yang diperoleh nilai terhitung sebesar 4,483 > f tabel 4,210. (4) Tinjauan ekonomi syariah tentang persaingan usaha advertising di Jalan Pangeran Hidayat kecamatan Pekanbaru Kota belum sesuai Ekonomi Islam, karena terdapat praktek persaingan usaha yang tidak sesuai dengan prinsip syariah. Dalam Islam persaingan yang diperbolehkan adalah persaingan secara positif yang tidak menghalalkan segala cara hanya untuk sekedar memenangkan persaingan. Kata kunci: Harga, Kualitas Produk, Persaingan Usaha, Advertising, Ekonomi Syariah
Item Type: | Thesis (Skripsi) | ||||||||||||
---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|
Contributors: |
|
||||||||||||
Subjects: | 200 Agama > 290 Agama Selain Kristen > 297 Islam > 297.2 Teologi Islam, Aqaid dan Ilmu Kalam > 297.273 Islam dan Ilmu Ekonomi 000 Karya Umum |
||||||||||||
Divisions: | Fakultas Syariah dan Hukum > Ekonomi Syari'ah | ||||||||||||
Depositing User: | fasih - | ||||||||||||
Date Deposited: | 03 Jul 2024 03:17 | ||||||||||||
Last Modified: | 03 Jul 2024 03:20 | ||||||||||||
URI: | http://repository.uin-suska.ac.id/id/eprint/80458 |
Actions (login required)
View Item |