Search for collections on Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau Repository

PENERAPAN PEMBELAJARAN MODEL TREFFINGER UNTUK MENINGKATKAN KREATIVITAS BELAJAR MATEMATIKA SISWA KELAS V SEKOLAH DASAR NEGERI 001 ENOK KECAMATAN ENOK KABUPATEN INDRAGIRI HILIR

Leni Rosaria (2012) PENERAPAN PEMBELAJARAN MODEL TREFFINGER UNTUK MENINGKATKAN KREATIVITAS BELAJAR MATEMATIKA SISWA KELAS V SEKOLAH DASAR NEGERI 001 ENOK KECAMATAN ENOK KABUPATEN INDRAGIRI HILIR. Skripsi thesis, Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau.

[img]
Preview
Text
2012_2012265.pdf

Download (399kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah dengan penerapan pembelajaran model Treffinger dapat meningkatkan kreativitas belajar Matematika siswa kelas V SDN 001 Enok.Berdasarkan hasil pengamatan di Kelas V SDN 001 Enok Kecamatan Enok Kabupaten Indragiri Hilir ditemui gejalagejala atau fenomena khususnya pada pelajaran Matematika seperti siswa hanya menjawab soal dengan cara singkat dalam mengerjakan soal matematika selain yang diberikan oleh guru, siswa sudah memperhatikan dengan baik pelajaran matematika yang guru berikan, tetapi siswa sulit membuat gagasan baru karena hanya fokus kepada contoh penyelesaian yang dipraktekan oleh guru, siswa belum mampu menuangkan imajinasi kreatifnya berupa ide-ide baru untuk menyelesaikan soal matematika sehingga tidak dapat mencapai nilai KKM yang guru tentukan, dan siswa sulit untuk mengembangkan ide kreativitasnya karena soal yang diberikan guru terlalu sulit serta siswa tidak percaya diri terhadap kemampuan mereka dalam mengembangkan ide-ide baru dalam menyelesaikan soal yang guru berikan. Oleh karena itu dalam penelitian ini penulis mencoba untuk meningkatkan kreativitas belajar Matematika siswa kelas V SDN 001 Enok dengan menerapkan pembelajaran model Treffinger. Penelitian ini dilaksanakan di kelas V SDN 001 Enok. Bentuk penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas (Class Action Reseach). Instrumen penelitian ini terdiri dari instrumen observasi guru dan murid dalam proses belajar dan mengajar dengan pembelajaran model Treffinger. Berdasarkan pengamatan dan penilaian kreativitas belajar Matematika siswa kelas V SDN 001 Enok pada siklus 1 dan Siklus 2, menunjukkan peningkatan disbanding ssebelum tindakan. Kreativitas belajar siswa sebelum tindakan hanya pada persentase 60%, setelah diadakan tindakan pada siklus 1, kreativitas belajar siswa meningkat dengan persentase rata-rata 70,1%, sedangkan pada siklus 2 diperoleh persentase rata-rata secara klasikal 83,7% tergolong dalam kategori sangat kreative. Dari data di atas diketahui bahwa ada hubungan erat antara peningkatan aktivitas guru dan murid dengan kreativitas siswa terhadap pelajaran Matematika. Dengan demikian, penerapan pembelajaran model Treffinger dapat meningkatkan kreativitas belajar Matematika siswa kelas V SDN 001 Enok Kecamatan Enok Kabupaten Indragiri Hilir dapat dikatakan berhasil karena telah memenuhi standar KKM yang ditentukan oleh sekolah tersebut.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: 300 Ilmu Sosial > 370 Pendidikan > 372 Pendidikan Dasar > 372.2 Sekolah Dasar, SD
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: Ms Mutiara Jannati
Date Deposited: 28 Sep 2016 02:23
Last Modified: 28 Sep 2016 02:23
URI: http://repository.uin-suska.ac.id/id/eprint/8045

Actions (login required)

View Item View Item