Search for collections on Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau Repository

MENINGKATKAN HASIL BELAJAR MATEMATIKA MATERI PENJUMLAHAN DAN PENGURANGAN MELALUI STRATEGI PEMBELAJARAN ”PEMERAGAAN TANPA BICARA” PADA SISWA KELAS III SEKOLAH DASAR TARBIYAH ISLAMIAH KECAMATAN KAMPAR KABUPATEN KAMPAR

Pepi Yusneli (2012) MENINGKATKAN HASIL BELAJAR MATEMATIKA MATERI PENJUMLAHAN DAN PENGURANGAN MELALUI STRATEGI PEMBELAJARAN ”PEMERAGAAN TANPA BICARA” PADA SISWA KELAS III SEKOLAH DASAR TARBIYAH ISLAMIAH KECAMATAN KAMPAR KABUPATEN KAMPAR. Skripsi thesis, Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau.

[img]
Preview
Text
2012_2012263.pdf

Download (413kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk untuk mendeskripsikan peningkatan hasil belajar matematika Materi Penjumlahan dan Pengurangan melalui penerapan Strategi Pembelajaran “Pemeragaan Tanpa Bicara” siswa Kelas IIII SD Tarbiyah Islamiah Kecamatan Kampar. Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah Bagaimana Peningkatan Hasil Belajar Matematika Materi Penjumlahan dan Pengurangan Melalui Strategi Pembelajaran “Pemeragaan Tanpa Bicara” Pada Siswa Kelas III SD Tarbiyah Islamiah Kecamatan Kampar Penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas yang dilaksanakan pada siswa kelas Kelas III SD Tarbiyah lslamiah Kecamatan Kampar. Subjek dalam penelitian adalah guru dan siswa Kelas III SD Tarbiyah Islamiah Kecamatan Kampar guru berjumlah 1 orang dan siswa Kelas III yang berjumlah 20 orang, Objek dalam penelitian ini adalah penerapan Strategi Pembelajaran “Pemeragaan Tanpa Bicara” dan hasil belajar matematika siswa. Instrumen penelitian ini terdiri dari observasi terhadap aktivitas guru selama proses pembelajaran berlangsung dalam penerapan Strategi Pembelajaran “Pemeragaan Tanpa Bicara” dan teknik pengumpulan data berupa tes yang dilakukan pada bagian akhir proses pembelajaran dengan materi pelajaran yang telah dipelajari. Berdasarkan hasil penelitian yang telah dilaksanakan melalui 2 siklus, pada siklus I diketahui bahwa hasil belajar matematika siswa hanya dengan nilai rata-rata mencapai 61 dan siswa yang mencapai ketuntasan kelas 13 orang (65%) setelah siklus kedua maka meningkat dengan nilai rata-rata 63,75 siswa yang mencapai ketuntasan kelas mencapai 16 orang (80%). Dari data ini menunjukkan bahwa apabila penerapan Strategi Pembelajaran ‘Pemeragaan Tanpa Bicara” dalam proses pembelajaran matematika secara benar dapat meningkatkan hasil belajar matematika siswa Kelas III Sekolah Dasar Tarbiyah Islamiyah Kecamatan Kampar.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: 300 Ilmu Sosial > 370 Pendidikan > 372 Pendidikan Dasar > 372.2 Sekolah Dasar, SD
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: Ms Mutiara Jannati
Date Deposited: 28 Sep 2016 02:19
Last Modified: 28 Sep 2016 02:19
URI: http://repository.uin-suska.ac.id/id/eprint/8044

Actions (login required)

View Item View Item