DANIL GUSRIANTO, - (2024) PERAN KEPALA SEKOLAH DALAM MENGIMPLEMENTASIKAN TOTAL QUALITY MANAGEMENT (TQM) DI SEKOLAH MENENGAH PERTAMA (SMP) BERBASIS PESANTREN (BP) TAHFIDZ AT-TAUBAH BATAM. Thesis thesis, Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau.
|
Text
a DANIL-TESIS file lengkap sampai lampiran (KECUALI BAB IV).pdf Download (5MB) | Preview |
|
Text (BAB IV)
b DANIL-TESIS file lengkap HANYA BAB IV.pdf - Published Version Restricted to Repository staff only Download (618kB) |
Abstract
Danil Gusrianto (2024): PERAN KEPALA SEKOLAH DALAM MENGIMPLEMENTASIKAN TOTAL QUALITY MANAGEMENT (TQM) DI SEKOLAH MENENGAH PERTAMA (SMP) BERBASIS PESANTREN (BP) TAHFIDZ AT-TAUBAH BATAM Penelitian ini bertujuan untuk: 1) mengetahui dan mendeskripsikan peran kepala sekolah dalam merumuskan dan mengimplementasikan Total Quality Management (TQM) di Sekolah Menengah Pertama (SMP) Berbasis Pesantren (BP) Tahfidz At-Taubah Batam. 2) mengetahui dan mendeskripsikan faktor-faktor yang memengaruhi kepala sekolah dalam penerapan TQM di Sekolah Menengah Pertama (SMP) Berbasis Pesantren (BP) Tahfidz At-Taubah Batam. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif dengan teknik pengumpulan data melalui wawancara, observasi, dan dokumentasi. Teknik analisis data meliputi: 1) reduksi data, 2) penyajian data, dan 3) penarikan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa peran kepala sekolah dalam implementasi TQM di Sekolah Menengah Pertama (SMP) Berbasis Pesantren (BP) Tahfidz At-Taubah Batam mencakup: 1) sebagai Pemimpin Utama (leader) yang memberikan arahan dan visi kepada seluruh staf dan guru terkait implementasi TQM, 2) sebagai Perumus dan Pelaksana Kebijakan yang bertanggung jawab merumuskan dan memastikan kebijakan TQM diterapkan secara konsisten di semua aspek kegiatan sekolah, 3) sebagai Motivator dan Pembina yang memotivasi dan membina staf sekolah untuk memahami pentingnya TQM dan mendorong partisipasi aktif dalam peningkatan mutu pendidikan, 4) sebagai Pengelola Sumber Daya yang bertanggung jawab mengelola sumber daya yang ada di sekolah, 5) sebagai Penegak Disiplin dan Standar, serta 6) sebagai Penghubung dengan Pihak Eksternal yang menjalin hubungan dengan orang tua, komite sekolah, dan lembaga pendidikan lainnya. Faktor-faktor pendukung kepala sekolah dalam implementasi TQM di Sekolah Menengah Pertama (SMP) Berbasis Pesantren (BP) Tahfidz At-Taubah Batam adalah dukungan penuh dari pihak yayasan. Adapun faktor-faktor penghambatnya adalah: 1) keterbatasan tenaga pendidik yang belum memenuhi kualifikasi akademik dan latar belakang pendidikan sesuai dengan tugas yang diberikan oleh sekolah, 2) kurangnya kesatuan tujuan dan komitmen jangka panjang dari beberapa pihak dalam mendukung program-program sekolah, serta 3) keterbatasan fasilitas sarana dan prasarana untuk kegiatan pembelajaran. Kata kunci: Kepala Sekolah, Implementasi TQM, Total Quality Management
Item Type: | Thesis (Thesis) | ||||||||||||
---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|
Contributors: |
|
||||||||||||
Subjects: | 000 Karya Umum | ||||||||||||
Divisions: | Program Pascasarjana > S2 > Manajemen Pendidikan Islam | ||||||||||||
Depositing User: | pps - | ||||||||||||
Date Deposited: | 02 Jul 2024 07:10 | ||||||||||||
Last Modified: | 02 Jul 2024 07:11 | ||||||||||||
URI: | http://repository.uin-suska.ac.id/id/eprint/80432 |
Actions (login required)
View Item |