Search for collections on Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau Repository

MENINGKATKAN HASIL BELAJAR MATEMATIKA MELALUI PENERAPAN PENDEKATAN PEMBELAJARAN BEHAVIORAL MODELS SISWA KELAS III SEKOLAH DASAR NEGERI 017 KAMPAR KECAMATAN KAMPAR TIMUR KABUPATEN KAMPAR

Noprianti (2012) MENINGKATKAN HASIL BELAJAR MATEMATIKA MELALUI PENERAPAN PENDEKATAN PEMBELAJARAN BEHAVIORAL MODELS SISWA KELAS III SEKOLAH DASAR NEGERI 017 KAMPAR KECAMATAN KAMPAR TIMUR KABUPATEN KAMPAR. Skripsi thesis, Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau.

[img]
Preview
Text
2012_2012260.pdf

Download (461kB) | Preview

Abstract

Memperhatikan kenyataan yang terjadi pada siswa kelas III SD Negeri 017 Kampar Kecamatan Kampar Timur yaitu rendahnya hasil belajar Matematika, maka penulis merasa perlu melakukan perbaikan pembelajaran dengan melakukan penelitian dengan penerapan strategi Pendekatan Pembelajaran Behavioral Models. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan bagaimana penerapan strategi Pendekatan Pembelajaran Behavioral Models dalam upaya meningkatkan hasil belajar matematika Siswa Kelas III SDN 017 Kampar Kecamatan Kampar Timur Bentuk penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas. Instrumen penelitian ini terdiri dari lembar observasi aktivitas guru selama pembelajaran berlangsung dengan penerapan strategi Pendekatan Pembelajaran Behavioral Models dan tes hasil belajar siswa yang dilakukan setiap menyelesaikan penelitian satu siklus pada materi pelajaran yang telah dipelajari, untuk mengetahui peningkatan hasil belajar siswa. Berdasarkan hasil penelitian yang telah dilaksanakan melalui 2 siklus, sebelum dilakukan tindakan ketuntasan belajar matematika hanya 10 orang atau 37% dari keseluruhan siswa. Pada siklus I dan siklus II terjadi peningkatan jumlah siswa yang bernilai di atas KKM yaitu siklus I ada 17 orang atau 62%. Pada siklus ke II yaitu 25 orang atau 92%. Dari data ini menunjukkan bahwa melalui penerapan strategi Pendekatan Pembelajaran Behavioral Models dapat meningkatkan hasil belajar pada mata pelajaran Matematika Siswa Kelas III SD Negeri 017 Kampar Kecamatan Kampar Timur, artinya apabila Pendekatan Pembelajaran Behavioral Models dilaksanakan secara benar sesuai dengan langkah-langkah pelaksanaannya maka dapat meningkatkan hasil belajar matematika siswa.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: 300 Ilmu Sosial > 370 Pendidikan > 372 Pendidikan Dasar > 372.2 Sekolah Dasar, SD
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: Ms Mutiara Jannati
Date Deposited: 28 Sep 2016 02:11
Last Modified: 28 Sep 2016 02:11
URI: http://repository.uin-suska.ac.id/id/eprint/8042

Actions (login required)

View Item View Item