Search for collections on Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau Repository

ANALISIS PERHITUNGAN HARGA POKOK PRODUKSI PADA UMKMDENGAN MENERAPKAN METODE FULL COSTING DALAM MENENTUKAN HARGA JUAL ( Studi Kasus Pada Usaha Tahu Bapak Suwardi )

AHMAD FAUZAN, - (2024) ANALISIS PERHITUNGAN HARGA POKOK PRODUKSI PADA UMKMDENGAN MENERAPKAN METODE FULL COSTING DALAM MENENTUKAN HARGA JUAL ( Studi Kasus Pada Usaha Tahu Bapak Suwardi ). Laporan thesis, Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau.

[img]
Preview
Text
GABUNGAN KECUALI BAB III.pdf

Download (5MB) | Preview
[img] Text (BAB III)
BAB III.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (5MB)

Abstract

ABSTRAK ANALISIS PERHITUNGAN HARGA POKOK PRODUKSI PADA UMKM DENGAN MENERAPKAN METODE FULL COSTING DALAM MENENTUKAN HARGA JUAL (Studi Kasus Pada Usaha Tahu Bapak Suwardi) Oleh: AHMAD FAUZAN NIM: 02170414437 Usaha Tahu Bapak Suwardi merupakan usaha yang bergerak dibidang manufaktur. Dari hasil penelitian ini diketahui bahwa terdapat permasalahan sehubungan dengan penentuan harga pokok produksi yang ternyata selama ini, Usaha Tahu Bapak Suwardi tidak melakukan perhitungan harga pokok produksi secara terperinci, Usaha Tahu Bapak Suwardi menentukan harga pokok produksinya berdasarkan perkiraan persentase dari harga jual yang sudah ditetapkan oleh pemilik usaha. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui penentuan harga pokok produksi pada Usaha Tahu Bapak Suwardi sebelum dan sesudah menggunakan metode Full Costing. Metode penelitian yang digunakan adalah metode deskriptif yaitu metode penelitian dengan cara mengumpulkan data-data yang sesuai dengan keadaan yang sebenarnya kemudian data-data tersebut disusun, diolah dan dianalisis untuk dapat memberikan gambaran mengenai masalah yang ada. Teknik pengumpulan data primer dilakukan dengan cara wawancara terstruktur dan observasi, teknik pengumpulan data sekunder yang dilakukan dengan studi kepustakaan. Teknik analisis data yang digunakan dalam penentuan harga pokok produksi yaitu dengan menerapkan metode Full Costing. Berdasarkan hasil penelitian, terdapat perbedaan perhitungan HPP sebelum dan sesudah menggunakan metode Full Costing. Sehingga dalam menetapkan harga jualnya menjadi lebih tinggi dari harga jual yang ditetapkan oleh perusahaan, karena semakin tinggi biaya produksi yang dikeluarkan, maka semakin tinggi pula harga jual yang ditetapkan. Kata kunci: Harga Pokok Produksi dan Harga Jual

Item Type: Thesis (Laporan)
Contributors:
ContributionNameNIDN/NIDKEmail
Thesis advisorANDI IRFAN, -2018048301andiirfan.pengajaran@gmail.com
Subjects: 600 Teknologi dan Ilmu-ilmu Terapan > 650 Bisnis > 657 Akuntansi
000 Karya Umum
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Ilmu Sosial > Akuntansi D3
Depositing User: fekon -
Date Deposited: 02 Jul 2024 07:14
Last Modified: 02 Jul 2024 07:14
URI: http://repository.uin-suska.ac.id/id/eprint/80396

Actions (login required)

View Item View Item