MENINGKATKAN HASIL BELAJAR AKIDAH AKHLAK MELALUI STRATEGI PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE FOUR CORNERS PADA SISWA KELAS V MADRASAH IBTIDAIYAH MUHAMMADIYAH DANAU BINGKUANG KECAMATAN TAMBANG KABAPUTEN KAMPAR

Winda Anggraini, (2012) MENINGKATKAN HASIL BELAJAR AKIDAH AKHLAK MELALUI STRATEGI PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE FOUR CORNERS PADA SISWA KELAS V MADRASAH IBTIDAIYAH MUHAMMADIYAH DANAU BINGKUANG KECAMATAN TAMBANG KABAPUTEN KAMPAR. Skripsi thesis, Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau.

[img]
Preview
Text
2012_2012257.pdf

Download (542kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh rendahnya hasil belajar siswa kelas V pada mata pelajaran Akidah Akhlak. Walaupun guru telah berusaha meningkatkan hasil belajar siswa, namun masih tergolong rendah. Gejala yang ditemuai adalah sebagian siswa belum mencapai nilai kriteria ketuntasan minimal (KKM) 6,5 yang ditetapkan, siswa terkesan sulit untuk menjawab soal ulangan, hal ini terlihat ketika dilakukan ulangan hanya sebagian siswa yang dapat menjawab soal dengan benar, siswa jarang bertanya, tetapi jika diberi pertanyaan siswa tidak mampu menjawabnya, dan siswa kurang aktif dalam belajar Akidah Akhlak, bahkan cendrung fakum dalam proses pembelajaran. Rumusan masalah pada penelitian ini adalah bagaimana peningkatan hasil belajar Akidah Akhlak pada siswa kelas V Madrasah Ibtidaiyah Muhammadiyah Danau Bingkuang Kecamatan Tambang Kabupaten Kampar melalui strategi pembelajaran kooperatif tipe Four Corners? Subjek dalam penelitian ini adalah siswa kelas V Madrasah Ibtidaiyah Muhammadiyah Danau Bingkuang Kecamatan Tambang Kabupaten Kampar tahun pelajaran 2010-2011 yang berjumlah 20 orang, laki-laki 9 orang dan perempuan berjumlah 11 orang. Sedangkan objek dalam penelitian ini adalah penerapan strategi pembelajaran kooperatif tipe Four Corners untuk meningkatkan hasil belajar Akidah Akhlak. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini dengan menggunakan teknik observasi, dan teknik tes. Untuk menganalisis data menggunakan rumus: P 100% FN  x . Berhasilnya penerapan strategi pembelajaran kooperatif tipe Four Corners pada mata pelajaran Akidah Akhlak, diketahui adanya peningkatan hasil belajar siswa dari sebelum tindakan, siklus I, dan siklus II. Pada sebelum tindakan hanya mencapai 10 orang (50,00) siswa yang tuntas, sedangkan 10 orang siswa (50,00%) belum tuntas. Sedangkan setelah tindakan yaitu pada siklus I ketuntasan belajar siswa meningkat menjadi 13 orang (65,00%) siswa yang tuntas. Sedangkan 7 orang siswa (35,00%) belum tuntas. Sedangkan pada siklus II ketuntasan siswa telah melebihi 75%, yaitu dengan ketuntasan sebesar 85,00% atau sekitar 17 orang siswa yang mencapai KKM yang telah ditetapkan, yaitu 65.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: 300 Ilmu Sosial > 370 Pendidikan > 372 Pendidikan Dasar > 372.2 Sekolah Dasar, SD
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: Ms Mutiara Jannati
Date Deposited: 28 Sep 2016 02:02
Last Modified: 28 Sep 2016 02:02
URI: http://repository.uin-suska.ac.id/id/eprint/8039

Actions (login required)

View Item View Item