Search for collections on Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau Repository

MENELUSURI SPIRIT FILANTROPI DALAM AL-QUR’AN: STUDI TAFSIR FI ZHILALIL QUR’AN KARYA SAYYID QUTB

MEIDITA AULIA PANJAITAN, - (2024) MENELUSURI SPIRIT FILANTROPI DALAM AL-QUR’AN: STUDI TAFSIR FI ZHILALIL QUR’AN KARYA SAYYID QUTB. Skripsi thesis, UNIVERSITAS ISLAM NEGERI SULTAN SYARIF KASIM RIAU.

[img]
Preview
Text
SKRIPSI LENGKAP KECUALI BAB IV.pdf

Download (8MB) | Preview
[img] Text (BAB IV HASIL DAN ANALISIS)
BAB IV HASIL DAN ANALISIS.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)

Abstract

ABSTRAK Skripsi ini berjudul “Menelusuri Spirit Filantropi Dalam Al-Qur’an: Studi Tafsir Fi Zhilalil Qur’an Karya Sayyid Qutb”. Penelitian ini didasari atas masalah yang cukup serius dihadapi bangsa saat ini, yaitu permasalahan kesejahteraan sosial, seperti kemiskinan, pengangguran, kesenjangan dan konflik sosial. Sebagian diantaranya dilakukan melalui gerakan filantropi untuk membantu kaum yang membutuhkan. Filantropi merupakan salah satu sendi pokok ajaran Islam dan telah mengisyaratkan adanya konsep untuk mengurangi permasalahan sosial. Dalam Islam, filantropi mengarah pada perlakuan sosial kepada masyarakat, untuk membangun, menegakkan keadilan, dan memberikan ruang kepada masyarakat untuk membutuhkan sumber daya yang belum terpenuhi. Oleh karenanya, konsep filantropi dalam Al-Qur’an bisa menjadi solusi alternatif dalam menanggulangi permasalahan tersebut. Untuk menjawab permasalahan tersebut, penulis menggunakan jenis penelitian library research dengan metode tematik pendekatan kualitatif. Sumber data utama dalam penelitian ini adalah Tafsir Fi Zhilalil Qur’an dengan membatasi bahasannya pada beberapa ayat, yaitu QS. Al-Baqarah/2: 177, 215, 219, 261, 270; QS. Al-Imran/3 : 92; QS. At-Taubah/9 : 60, 103; QS. Al-Hadid/57: 7, 11,18. Sedangkan sumber data pendukungnya adalah literatur terkait dengan tema tersebut. Pembahasan utama dalam penelitian ini adalah menjelaskan penafsiran filantropi dalam Al-Qur’an pada Tafsir Fi Zhilalil Qur’an, dan menjelaskan konsep konfigurasi filantropi dalam Al-Qur’an, yaitu Zakat, Infaq, Sedekah dan Wakaf (ZISWAF). Hasil penelitian menyimpulkan ada tiga konselp ultama filantropi yang melngakar kulat dalam Al-Qulr’an, yaitul konselp melngelnai kelwajiban agama, moralitas agama, dan keladilan sosial. Konselp pelrtama telrselbult melnjadi pandulan ulmulm, konselp keldula belrkaitan delngan moralitas sosial, dan konselp keltiga melnyelntulh inti tuljulan dari filantropi dan agama itul selndiri, yaitul keladilan sosial. Kata Kunci: Filantropi, Al-Qur’an, Sayyid Qutb, Tafsir Fi Zhilalil Qur’an.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Contributors:
ContributionNameNIDN/NIDKEmail
Thesis advisorJamaluddin2023046701jamaluddin23041967@gmail.com
Thesis advisorFikri Mahmud2001016802fikrimahmud@gmail.com
Subjects: 200 Agama > 290 Agama Selain Kristen > 297 Islam > 297.1 Sumber-sumber Agama Islam, Kitab Suci Agama Islam > 297.1226 Tafsir Al-Qur'an, Ilmu Tafsir
Divisions: Fakultas Ushuluddin > Ilmu Alqur'an dan Tafsir
Depositing User: fushu -
Date Deposited: 02 Jul 2024 07:56
Last Modified: 02 Jul 2024 07:56
URI: http://repository.uin-suska.ac.id/id/eprint/80383

Actions (login required)

View Item View Item