Search for collections on Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau Repository

PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN RODA KEBERUNTUNGAN UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR MATEMATIKA SISWA KELAS IV SDN 011 PANCURAN GADING KECAMATAN TAPUNG KABUPATEN KAMPAR

Salmawati (2012) PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN RODA KEBERUNTUNGAN UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR MATEMATIKA SISWA KELAS IV SDN 011 PANCURAN GADING KECAMATAN TAPUNG KABUPATEN KAMPAR. Skripsi thesis, Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau.

[img]
Preview
Text
2012_2012250.pdf

Download (531kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan penerapan model pembelajaran roda keberuntungan dapat meningkatkan hasil belajar matematika kelas IV SD Negeri 011 Pancuran Gading Kecamatan Tapung Kabupaten Kampar. Rumusan masalah diatas adalah bagaimanakah menerapkan model pembelajaran roda keberuntungan dalam upaya meningkatkan hasil belajar matamatika siswa kelas IV SD Negeri 011 Pancuran Gading Kecamatan Tapung Kabupaten Kampar matari menghitung keliling dan luas jajaran genjang dan segi tiga? Subjek dalam penelitian ini yaitu siswa kelas IV SD Negeri 011 Pancuran Gading materi menghitung keliling dan luas bangun datar dan penerapan model pembelajaran roda keberuntungan yang merupakan objek penelitian. Bentuk penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas. Teknik pengumpulan data dan teknik analisis data berupa lembar observasi aktivitas guru dan lembar observasi siswa serta lembaran tes siswa. Penelitian ini dilakukan dalam Dua siklus yang terdiri dari tiga kali pertemuan setiap siklus. Berdasarkan hasil penelitian yang dilaksanakan dalam II siklus, pada siklus I di ketahui bahwa hasil belajar siswa rendah dengan rata-tara 59,51 dan ketuntasan klasikal siswa mencapai 59% dari keseluruhan siswa. Setelah dilakukan perbaikan pada siklus II terjadi peningkatan sesuai dengan standar peneliti tetapkan yaitu nilai rata-rata 64,62 dan ketuntasan secara klasikal siswa mencapai 85%. Berdasarkan hasil analisis tersebut dapat disimpulkan bahwa terjadi peningkatan hasil belajar siswa pada materi bangun datar melalui penerapan model pembelajaran roda keberuntungan. Dengan kata lain, keadaan ini menunjukkan bahwa perbaikan pembelajaran matematika dapat dikatakan berhasil.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: 300 Ilmu Sosial > 370 Pendidikan > 372 Pendidikan Dasar > 372.2 Sekolah Dasar, SD
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: Ms Mutiara Jannati
Date Deposited: 28 Sep 2016 01:59
Last Modified: 28 Sep 2016 01:59
URI: http://repository.uin-suska.ac.id/id/eprint/8038

Actions (login required)

View Item View Item