Search for collections on Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau Repository

PENYELESAIAN PERSELISIHAN SENGKETA PEMILIHAN KEPALA DESA MENURUT PERATURAN BUPATI NOMOR 54 TAHUN 2019 TENTANG PEMILIHAN KEPALA DESA DI KECAMATAN KOTO KAMPAR HULU

TAUFIQ ILAHI, - (2024) PENYELESAIAN PERSELISIHAN SENGKETA PEMILIHAN KEPALA DESA MENURUT PERATURAN BUPATI NOMOR 54 TAHUN 2019 TENTANG PEMILIHAN KEPALA DESA DI KECAMATAN KOTO KAMPAR HULU. Skripsi thesis, UNIVERSITAS ISLAM NEGERI SULTAN SYARIF KASIM RIAU.

[img]
Preview
Text
SKRIPSI TAUFIK ILAHI.pdf

Download (4MB) | Preview
[img] Text (BAB IV)
BAB IV.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (727kB)

Abstract

ABSTRAK TAUFIK ILAHI, (2024): Penyelesaian Perselisihan Sengketa Pemilihan Kepala Desa Menurut Peraturan Bupati Nomor 54 Tahun 2019 Tentang Pemilihan Kepala Desa Di Kecamatan Koto Kampar Hulu Pemilihan Kepala Desa merupakan wadah untuk menampung aspirasi politik masyarakat sekaligus sarana pergantian atau kelanjutan pemerintahan desa. Penyelesaian sengketa pemilihan kepala desa yang diselesaikan oleh Bupati/Walikota diharapkan hasil akhirnya mampu mengakhiri sengketa Pemilihan Kepala Desa di antara para pihak. Akan tetapi, penyelesaian sengketa pilkades saat ini banyak sekali sengketa yang berakhir di Pengadilan. Para pihak merasa tidak puas dengan hasil penyelesaian sengketa yang dilakukan oleh Bupati/Walikota. Pada akhirnya Keputusan Bupati/Walikota digugat oleh calon kepala desa, termasuk penyelesaian perselisihan sengketa di Kecamatan Koto Kampar Hulu. Adapun yang menjadi tujuan dalam penelitian ini yaitu untuk mengetahui penyelesaian perselisihan sengketa pemilihan Kepala Desa menurut Peraturan Bupati Nomor 54 Tahun 2019 tentang Pemilihan Kepala Desa di Desa Tanjung Kecamatan Koto Kampar Hulu, serta untuk mengetahui faktor penghambat penyelesaian perselisihan sengketa pemilihan Kepala Desa menurut Peraturan Bupati Nomor 54 Tahun 2019 tentang Pemilihan Kepala Desa di Desa Tanjung Kecamatan Koto Kampar Hulu. Penelitian ini merupakan jenis penelitian hukum sosiologis, yaitu penelitian lapangan yang menggunakan metode pendekatan yuridis empiris yakni melihat sesuatu kenyataan hukum di dalam masyarakat. Teknik pengambilan sampel dalam penelitian ini adalah total sampling. Sumber data dalam penelitian ini yaitu data primer dan data sekunder. Analisis yang digunakan adalah analisis kualitatif dan penarikan kesimpulan secara induktif. Pelaksanaan penyelesaian perselisihan sengketa pemilihan Kepala Desa menurut Peraturan Bupati Nomor 54 Tahun 2019 tentang Pemilihan Kepala Desa di Kecamatan Koto Kampar Hulu belum terlaksana dengan baik, karena Tim Fasilitasi Penyelesaian Perselisihan Hasil Pemilihan Kepala Desa Tanjung hanya mengakomodir keberatan dan informasi dari calon Kepala Desa nomor urut 02 bahwa adanya klaim pelanggaran. Sementara klarifikasi dan informasi terkait proses pelaksanaan pemilihan Kepala Desa dari Panitia Pemilihan Kepala Desa Tanjung dan BPD yang telah menyetujui dan menandatangani berita acara penetapan calon Kepala Desa terpilih, yang dinilai sudah berjalan dengan baik sesuai aturan dikesampingkan. Serta Tim fasilitasi sama sekali tidak mengikutsertakan dan mendengarkan komponen lainnya di desa bersangkutan. Adapun faktor penghambat penyelesaian perselisihan sengketa pemilihan Kepala Desa di Kecamatan Koto Kampar Hulu adalah diantaranya; (i) tim fasilitasi penyelesaian perselisihan hasil pemilihan Kepala Desa Tanjung tidak objektif dalam melasanakan tugasnya; serta (ii) penyelesaian perselisihan hasil pemilihan kepala desa tanjung berakhir di Pengadilan. Kata Kunci :Perselisihan, Sengketa, Pemilihan Kepala Desa.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Contributors:
ContributionNameNIDN/NIDKEmail
Thesis advisorKASTULANI2009096301kastupku123@gmail.com
Thesis advisorMUSLIM2005057207muslimkhansa72@gmail.com
Subjects: 300 Ilmu Sosial > 340 Ilmu Hukum
Divisions: Fakultas Syariah dan Hukum > Ilmu Hukum
Depositing User: fasih -
Date Deposited: 02 Jul 2024 07:38
Last Modified: 02 Jul 2024 07:38
URI: http://repository.uin-suska.ac.id/id/eprint/80377

Actions (login required)

View Item View Item