MENINGKATKAN HASIL BELAJAR MATEMATIKA MELALUI STRATEGI PEMBELAJARAN TEAM GATEWAY PADA MURID KELAS IV SEKOLAH DASAR NEGERI 012 TANJUNG BERULAK KECAMATAN KAMPAR KABUPATEN KAMPAR

Helfitri, (2012) MENINGKATKAN HASIL BELAJAR MATEMATIKA MELALUI STRATEGI PEMBELAJARAN TEAM GATEWAY PADA MURID KELAS IV SEKOLAH DASAR NEGERI 012 TANJUNG BERULAK KECAMATAN KAMPAR KABUPATEN KAMPAR. Skripsi thesis, Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau.

[img]
Preview
Text
2012_2012249.pdf

Download (446kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh rendahnya hasil belajar siswa pada mata pelajaran matematika di kelas IV Sekolah Dasar Negeri 012 Tanjung Berulak Kecamatan Kampar Kabupaten Kampar. Tujuan penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan peningkatan hasil belajar Matematika pada materi operasi hitung bilangan murid kelas IV Sekolah Dasar Negeri 012 Tanjung Berulak Kecamatan Kampar Kabupaten Kampar dengan penerapan Strategi Pembelajaran Team Gateway. Rumusan masalah pada penelitian ini adalah bagaimana peningkatan hasil belajar Matematika pada murid kelas IV Sekolah Dasar Negeri 012 Tanjung Berulak Kecamatan Kampar Kabupaten Kampar dengan penerapan Strategi Pembelajaran Team Gateway. Subjek penelitian ini adalah murid kelas IV Sekolah Dasar Negeri 012 Tanjung Berulak Kecamatan Kampar Kabupaten Kampar yang berjumlah 20 orang. Objek dalam penelitian ini adalah penerapan Strategi Pembelajaran Team Gateway untuk meningkatkan hasil belajar matematika. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini dengan menggunakan teknik observasi, dan teknik tes. Penerapan Strategi Pembelajaran Team Gateway dikatakan berhasil apabila hasil belajar murid 75% mencapai KKM yang telah ditetapkan, yaitu 65. Setelah dilaksanakan penelitian diketahui adanya peningkatan hasil belajar siswa dari sebelum tindakan, siklus I, dan siklus II. Pada sebelum tindakan ketuntasan murid hanya mencapai 60,00% atau 12 orang siswa yang tuntas, pada siklus I murid yang tuntas meningkat menjadi 14 orang atau ketuntasan hanya mencapai 70,00%. Pada siklus II ternyata ketuntasan murid mencapai 19 orang murid atau dengan persentase 95,00%. Dengan demikian dapat diambil kesimpulan bahwa hasil belajar Matematika pada materi operasi hitung bilangan murid kelas IV SDN 012 Tanjung Berulak Kecamatan Kampar Kabupaten Kampar dapat ditingkatkan dengan penerapan Strategi Pembelajaran Team Gateway.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: 300 Ilmu Sosial > 370 Pendidikan > 372 Pendidikan Dasar > 372.2 Sekolah Dasar, SD
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: Ms Mutiara Jannati
Date Deposited: 28 Sep 2016 01:54
Last Modified: 28 Sep 2016 01:54
URI: http://repository.uin-suska.ac.id/id/eprint/8037

Actions (login required)

View Item View Item