Search for collections on Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau Repository

PENGARUH PENGGUNAAN MEDIA PEMBELAJARAN DENGAN PERMAINAN BISIK BERANTAI TERHADAP KETERAMPILAN ISTIMA’ SISWA KELAS VIII SMP IT AL-FITYAH PEKANBARU.

ZULFA AGUSTINA, - (2024) PENGARUH PENGGUNAAN MEDIA PEMBELAJARAN DENGAN PERMAINAN BISIK BERANTAI TERHADAP KETERAMPILAN ISTIMA’ SISWA KELAS VIII SMP IT AL-FITYAH PEKANBARU. Skripsi thesis, UNIVERSITAS ISLAM NEGERI SULTAN SYARIF KASIM RIAU.

[img]
Preview
Text
SKRIPSI ZULFA AGUSTINA.pdf

Download (5MB) | Preview
[img] Text (BAB IV)
BAB IV.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)

Abstract

ABSTAK Zulfa Agustina, (2024): Pengaruh Penggunaan Media Pembelajaran dengan Permainan Bisik Berantai Terhadap Keterampilan Istima’ Siswa Kelas VIII SMP IT Al-Fityah Pekanbaru. Penelitian ini dilatar belakangi oleh rendahnya keterampilan istima’ siswa kelas VIII SMP IT Al-Fityah Pekanbaru, yang disebabkan oleh pemilihan media pembelajaran yang kurang efektif, sehingga membuat kurangnya antusias dan pemahaman siswa pada materi Bahasa Arab yang diajarkan. Berdasarkan latar belakang tersebut penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan pengaruh penggunaan media permainan bisik berantai terhadap keterampilan istima’ siswa kelas VIII SMP IT Al-fityah Pekanbaru. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif dengan jenis penelitian Pre-Experimental Design, dengan ranjangan One Group Pretest-Posttest Design. Populasi dalam penelitian ini berjumlah 51 orang siswa dan jumlah sampel sebanyak 25 orang siswa dan pengambilan sampel dilakukan dengan teknik sampel purposive. Dalam pengumpulan data, peneliti menggunakan lembar observasi dan tes dalam bentuk pilihan ganda. Teknik analisis data menggunakan Uji Paired Sample T-Test dan Uji N-Gain. Hasil dari Uji Paired Sample T-Test menunjukkan adanya pengaruh penggunaan media permainan bisik berantai terhadap keterampilan istima’ siswa kelas VIII SMP IT Al-Fityah Pekanbaru dengan nilai sig. (2-tailed) 0,00 < 0,05, maka Ho ditolak dan Ha diterima. Begitu juga pada tabel observasi, yang bernilai rata-rata 90%, yang berada dikategori baik sekali. Dan hasil dari Uji N-Gain menunjukkan penggunaan media permainan bisik berantai cukup efektif untuk digunakan sebagai media pembelajaran, dilihat dari hasil nilai rata-rata N-Gain persen 72,358 < 76. Kata Kunci: Media Pembelajaran Permainan Bisik Berantai, Keterampilan Istima’.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Contributors:
ContributionNameNIDN/NIDKEmail
Thesis advisorRUSDI2006066601rusdiibrahim23@gmail.com
Subjects: 300 Ilmu Sosial > 370 Pendidikan
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Bahasa Arab
Depositing User: ftk -
Date Deposited: 02 Jul 2024 03:46
Last Modified: 02 Jul 2024 03:46
URI: http://repository.uin-suska.ac.id/id/eprint/80367

Actions (login required)

View Item View Item