Pangeran Fadillah Pratama, -
(2024)
Pengembangan Aplikasi Augmented Reality Terhadap Pembelajaran Geometri Dengan Metode Marker Based Tracking.
Jurnal Teknik Informatika (JUTIF), 5 (4).
ISSN p-ISSN: 2723-3863 e-ISSN: 2723-3871
Abstract
Peran guru menerapkan model pembelajaran yang inovatif dan kreatif di era revolusi industri 4.0 menjadi
pengaruh penting untuk menarik perhatian siswa mencapai tujuan pembelajaran. Kurangnya minat dan motivasi
belajar siswa menjadi faktor sulitnya memahami konsep-konsep dasar matematika khususnya materi geometri.
Selain itu terlihat pada semangat belajar siswa yang mudah bosan ketika belajar menggunakan buku saja. Tujuan
dari penelitian ini untuk mengembangkan dan menerapkan aplikasi augmented reality (AR) berbasis android
dalam meningkatkan minat belajar siswa serta penyampaian materi yang lebih interaktif. Aplikasi ini
menggunakan metode marker based tracking yang dikembangkan menggunakan program Unity. Hasil pengujian
aplikasi menggunakan black box mendapatkan seluruh fitur berhasil digunakan tanpa kesalahan. Pengujian pretest
dan post-test dari 19 siswa kelas 6 mengenai pemahaman materi geometri saat sebelum dan sesudah
menggunakan AR memperoleh peningkatan dari nilai 60.53 menjadi 86.84. Pengujian system usability scale
(SUS) ditujukan kepada guru dan siswa dengan memberikan 10 pernyataan untuk menilai kepuasan pengguna
terhadap aplikasi yang memperoleh nilai 77.84 dengan kategori acceptable. Evaluasi usability aplikasi
menggunakan 3 matriks yakni learnability memperoleh hasil 94%, Efficiency pengguna menyelesaikan tugas
0.19 goal /sec, dan matriks error memperoleh nilai 0.44.
Actions (login required)
|
View Item |