AULIA ILAL HAMDI HARAHAP, - (2024) PENGEMBANGAN INSTRUMEN TES BERPIKIR KRITIS PADA MATERI IPA SMP/MTs KELAS VII SEMESTER 2. Skripsi thesis, UNIVERSITAS ISLAM NEGERI SULTAN SYARIF KASIM RIAU.
|
Text
SKRIPSI AULIA ILAL HAMDI HARAHAP.pdf - Published Version Download (17MB) | Preview |
|
Text (BAB IV)
BAB IV.pdf - Published Version Restricted to Repository staff only Download (1MB) |
Abstract
ABSTRAK Aulia Ilal Hamdi Harahap (2024): Pengembangan Instrumen Tes Berpikir Kritis pada Materi IPA SMP/MTs Kelas VII Semester 2 Penelitian ini bertujuan untuk menghasilkan instrumen tes berpikir kritis yang valid dan reliabel. Penelitian dilaksanakan di MTsN 1 Andalan Pekanbaru dengan 75 siswa di kelas VIII. Hasil dari penelitian ini yaitu instrumen tes berpikir kritis pada materi IPA SMP/MTs kelas VII semester 2 yang tercakup dalam 60 soal yang masing-masing materi terdiri dari 20 soal (10 soal pilihan ganda, 10 soal esai). Metode yang digunakan dalam penelitian ini yaitu R&D (research and development) dengan menggunakan model ADDIE. Teknik pengumpulan data yang digunakan yaitu wawancara yang dilakukan terhadap salah satu guru IPA di lokasi penelitian. Teknik analisis dalam penelitian ini menggunakan analisis kualitatif dan kuantitatif. Hasil dari analisis data menyatakan bahwa instrumen yang dihasilkan sudah valid dan reliabel. Berdasarkan hasil analisis tersebut dapat disimpulkan bahwa instrumen tes berpikir kritis yang telah dihasilkan oleh peneliti layak untuk digunakan dalam proses evaluasi pembelajaran di sekolah. Kata kunci: Instrumen Tes, Berpikir Kritis, IPA
Item Type: | Thesis (Skripsi) | ||||||||
---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|
Contributors: |
|
||||||||
Subjects: | 000 Karya Umum 300 Ilmu Sosial > 370 Pendidikan |
||||||||
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Tadris IPA | ||||||||
Depositing User: | ftk - | ||||||||
Date Deposited: | 01 Jul 2024 04:39 | ||||||||
Last Modified: | 01 Jul 2024 04:39 | ||||||||
URI: | http://repository.uin-suska.ac.id/id/eprint/80332 |
Actions (login required)
View Item |