Nurul Hidayati (2012) DAMPAK PENGGUNAAN SITUS JEJARING SOSIAL FACEBOOK TERHADAP PRESTASI BELAJAR SISWA SMAN 1 BANGKINANG SEBERANG KABUPATEN KAMPAR. Skripsi thesis, Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau.
|
Text
2012_201297KOM.pdf Download (1MB) | Preview |
Abstract
Penelitian ini terdiri dari dua variabel, yaitu penggunaan situs jejaring sosial facebook(variabel bebas/independen atau variabel X) dan prestasi belajar siswa (variabel dependent/terikat atau variabel Y). Tujuan dalam penelitian ini adalah untuk mengetahui apakah ada Dampak yang signifikan antara penggunaan Situs jejaring sosial facebook terhadap prestasi belajar siswa kelas II (Dua) SMA negeri 1 Bangkinang Seberang. Subjek dalam penelitian ini adalah siswa kelas II (Dua) SMA Negeri 1 Bangkinang Seberang, sedangkan objeknya adalah dampak penggunaan situs jejaring sosial facebook terhadap prestasi belajar siswa. Populasinya adalah 213 orang siswa, sampel diambil menggunakan teknik purposive sampling. Pengumpulan data diambil melalui angket, wawancara dan dokumentasi. Data yang terkumpul, sesuai dengan jenis penelitian ini adalah penelitian korelasi, maka data dianalisis dengan menggunakan teknik korelasi pearson product moment menggunakan SPSS 16.00 dengan rumus: rxy = .∑ (∑ )(∑ ) [ ∑ (∑ ) ][ ∑ (∑ ) ] Setelah melakukan penelitian, penulis mendapat kesimpulan akhir hasil analisis korelasi pearson product moment yaitu : tidak ada dampak signifikan antara penggunaan situs jejaring sosial facebook terhadap prestasi belajar siswa kelas II (Dua) di SMA Negeri 1 Bangkinang Seberang, hasil analisis korelasi pearson product moment yaitu : 0,204 dimana pada tabel interpretasi product moment nilai 0,204 berada diantara 0,20-0,399 yang artinya diantara variable X dan variable Y memiliki korelasi yang “rendah” dan besarnya kontribusi variable X terhadap Y 4,16%. Artinya penggunaan situs jejaring social facebook tidak berdampak terhadap prestasi belajar siswa.Berdasarkan perhitungan α = 0,05 dan n = 58, Uji dua pihak; dk= n-2=58-2=56 sehingga diperoleh = 2,000 ternyata lebih kecil dari , atau 1,552 ≤ 2,000 maka Ho diterima, artinya tidak ada hubungan yang signifikan penggunaan situs jejaring social facebook dengan prestasi belajar.
Item Type: | Thesis (Skripsi) |
---|---|
Subjects: | 300 Ilmu Sosial > 302 Interaksi Sosial, Hubungan Antarpersonal > 302.2 Komunikasi |
Divisions: | Fakultas Dakwah dan Komunikasi > Ilmu Komunikasi |
Depositing User: | eva sartika |
Date Deposited: | 27 Sep 2016 20:45 |
Last Modified: | 27 Sep 2016 20:45 |
URI: | http://repository.uin-suska.ac.id/id/eprint/8033 |
Actions (login required)
View Item |