WULAN SALSABILAH, - (2024) MAKNA PENAMAAN BAHASA ASING PADA TEMPAT USAHA DI KOTA PEKANBARU (STUDI KASUS : MEREK TOKO YANG BERBAHASA ASING DI KEC. BINA WIDYA KOTA PEKANBARU). Skripsi thesis, UNIVERSITAS ISLAM NEGERI SULTAN SYARIF KASIM RIAU.
|
Text
SKRIPSI FUL KECUALI BAB V WULAN SALSABILAH.pdf - Published Version Download (3MB) | Preview |
|
Text (BAB V)
SKRIPSI BAB V WULAN SALSABILAH.pdf - Published Version Restricted to Repository staff only Download (842kB) |
Abstract
ABSTRAK Nama : Wulan Salsabilah Jurusan : Ilmu Komunikasi Judul : Makna Penamaan Bahasa Asing Pada Tempat Usaha Di Kota Pekanbaru. (Studi Kasus : Merek Toko Yang Berbahasa Asing Di Kec. Bina Widya Kota Pekanbaru) Penelitian ini bertujuan untuk menentukan makna penamaan bahasa asing pada penamaan tempat usaha di Kota Pekanbaru. Penelitian ini dilakukan dengan menggunakan pendekatan kualitatif dan metode analisis deskriptif. Data diperoleh melalui observasi langsung terhadap tempat-tempat usaha yang menggunakan penamaan bahasa asing, serta wawancara dengan pemilik atau pengelola tempat usaha tersebut. Analisis dilakukan dengan mengidentifikasi jenis-jenis penamaan bahasa asing yang digunakan, serta mengeksplorasi motif dan makna di balik penggunaan penamaan tersebut. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penamaan bahasa asing pada tempat usaha di Kota Pekanbaru memiliki beragam makna. Makna penggunaan penamaan bahasa asing antara lain untuk meningkatkan citra atau status tempat usaha, menarik perhatian pelanggan, serta menunjukkan eksklusivitas atau keunikan. Makna di balik penggunaan bahasa asing juga bervariasi, mulai dari asosiasi dengan nilai-nilai tertentu, hingga upaya untuk menciptakan identitas global atau kosmopolitan. Selain itu, ditemukan juga beberapa faktor eksternal dan internal yang memengaruhi keputusan pemilik atau pengelola tempat usaha dalam menggunakan penamaan bahasa asing. Penelitian ini memberikan pemahaman yang lebih dalam tentang fenomena penamaan bahasa asing pada tempat usaha di Kota Pekanbaru, serta implikasinya terhadap budaya lokal dan identitas kota. Temuan dari penelitian ini diharapkan dapat menjadi masukan bagi pemangku kepentingan terkait dalam mengembangkan kebijakan atau strategi pemasaran yang lebih tepat sesuai dengan konteks budaya dan sosial masyarakat setempat. Kata Kunci : Makna, Penamaan Bahasa Asing, Tempat Usaha
Item Type: | Thesis (Skripsi) | ||||||||
---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|
Contributors: |
|
||||||||
Subjects: | 300 Ilmu Sosial > 350 Administrasi Negara, Ilmu Kemiliteran > 351 Administrasi Negara 000 Karya Umum |
||||||||
Divisions: | Fakultas Dakwah dan Komunikasi > Ilmu Komunikasi | ||||||||
Depositing User: | fdk - | ||||||||
Date Deposited: | 01 Jul 2024 06:45 | ||||||||
Last Modified: | 01 Jul 2024 06:45 | ||||||||
URI: | http://repository.uin-suska.ac.id/id/eprint/80317 |
Actions (login required)
View Item |