SAKINAH ANGKAT, - (2024) PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE THINK PAIR SHARE (TPS) BERBANTUAN SIMULASI VIRTUAL UNTUK MENINGKATKAN KETERAMPILAN BERPIKIR KRITIS SISWA SMP PADA MATERI GETARAN DAN GELOMBANG. Skripsi thesis, UNIVERSITAS ISLAM NEGERI SULTAN SYARIF KASIM RIAU.
|
Text
FILE LENGKAP KECUALI HASIL PENELITIAN (BAB IV).pdf Download (13MB) | Preview |
|
Text (BAB IV)
FILE HASIL PENELITIAN (BAB IV).pdf - Published Version Restricted to Repository staff only Download (1MB) |
Abstract
SAKINAH ANGKAT(2024): PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE THINK PAIR SHARE (TPS) BERBANTUAN SIMULASI VIRTUAL UNTUK MENINGKATKAN KETERAMPILAN BERPIKIR KRITIS SISWA SMP PADA MATERI GETARAN DAN GELOMBANG Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan bagaimana perbedaan peningkatan keterampilan berpikir kritis siswa melalui penerapan model pembelajaran kooperatif think pair share berbantuan simulasi virtual pada materi getaran dan gelombang. Penelitian dilakukan dengan menggunakan quasi eksperimen dengan pretest posttest control group design. Obyek penelitian siswa kelas VIII sejelumlah 63 siswa dengan sampel sebanyak dua kelas yang dipilih dengan metode random sampling class. Pengumpulan data dilakukan Pengumpulan data dilakukan dengan memberikan pretest dan posttest untuk mengetahui perbedaan peningkatan keterampilan berpikir kritis siswa melalui penerapan model pembelajaran kooperatif tipe think pair share berbantuan simulasi virtual pada materi getaran dan gelombang. Uji hipotesis dilakukan dengan menggunakan uji Mann Whitney Berdasarkan hasil analisis diperoleh kesimpulan bahwa nilai sig (2-tailed) sebesar 0,000 < 0,05 sehingga dapat disimpulkan bahwa Ha diterima dan Ho ditolak. Dengan demikian dapat dikatakan bahwa terdapat perbedaan penerapan model pembelajaran kooperatif tipe Think Pair Share (TPS) berbantuan simulasi virtual untuk meningkatkan keterampilan berpikir kritis siswa SMP pada materi getaran dan gelombang. Dengan demikian, sehingga dapat disimpulkan bahwa penerapan model pembelajaran kooperatif tipe think pair share berbantuan simulasi virtual secara signifikan dapat lebih meningkatkan keterampilan berpikir kritis siswa dari pada kelas yang tidak menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe think pair share berbantuan simulasi virtual pada materi getaran dan gelombang. Kata Kunci : Keterampilan Berpikir Kritis, Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Think Pair Share (TPS), IPA, dll
Item Type: | Thesis (Skripsi) | ||||||||
---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|
Contributors: |
|
||||||||
Subjects: | 300 Ilmu Sosial > 370 Pendidikan | ||||||||
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Tadris IPA | ||||||||
Depositing User: | ftk - | ||||||||
Date Deposited: | 01 Jul 2024 08:45 | ||||||||
Last Modified: | 01 Jul 2024 08:45 | ||||||||
URI: | http://repository.uin-suska.ac.id/id/eprint/80303 |
Actions (login required)
View Item |