Search for collections on Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau Repository

PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE THINK PAIR SHARE (TPS) BERBANTUAN SIMULASI VIRTUAL UNTUK MENINGKATKAN KETERAMPILAN BERPIKIR KRITIS SISWA SMP PADA MATERI GETARAN DAN GELOMBANG

SAKINAH ANGKAT, - (2024) PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE THINK PAIR SHARE (TPS) BERBANTUAN SIMULASI VIRTUAL UNTUK MENINGKATKAN KETERAMPILAN BERPIKIR KRITIS SISWA SMP PADA MATERI GETARAN DAN GELOMBANG. Skripsi thesis, UNIVERSITAS ISLAM NEGERI SULTAN SYARIF KASIM RIAU.

[img]
Preview
Text
FILE LENGKAP KECUALI HASIL PENELITIAN (BAB IV).pdf

Download (13MB) | Preview
[img] Text (BAB IV)
FILE HASIL PENELITIAN (BAB IV).pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)

Abstract

SAKINAH ANGKAT(2024): PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE THINK PAIR SHARE (TPS) BERBANTUAN SIMULASI VIRTUAL UNTUK MENINGKATKAN KETERAMPILAN BERPIKIR KRITIS SISWA SMP PADA MATERI GETARAN DAN GELOMBANG Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan bagaimana perbedaan peningkatan keterampilan berpikir kritis siswa melalui penerapan model pembelajaran kooperatif think pair share berbantuan simulasi virtual pada materi getaran dan gelombang. Penelitian dilakukan dengan menggunakan quasi eksperimen dengan pretest posttest control group design. Obyek penelitian siswa kelas VIII sejelumlah 63 siswa dengan sampel sebanyak dua kelas yang dipilih dengan metode random sampling class. Pengumpulan data dilakukan Pengumpulan data dilakukan dengan memberikan pretest dan posttest untuk mengetahui perbedaan peningkatan keterampilan berpikir kritis siswa melalui penerapan model pembelajaran kooperatif tipe think pair share berbantuan simulasi virtual pada materi getaran dan gelombang. Uji hipotesis dilakukan dengan menggunakan uji Mann Whitney Berdasarkan hasil analisis diperoleh kesimpulan bahwa nilai sig (2-tailed) sebesar 0,000 < 0,05 sehingga dapat disimpulkan bahwa Ha diterima dan Ho ditolak. Dengan demikian dapat dikatakan bahwa terdapat perbedaan penerapan model pembelajaran kooperatif tipe Think Pair Share (TPS) berbantuan simulasi virtual untuk meningkatkan keterampilan berpikir kritis siswa SMP pada materi getaran dan gelombang. Dengan demikian, sehingga dapat disimpulkan bahwa penerapan model pembelajaran kooperatif tipe think pair share berbantuan simulasi virtual secara signifikan dapat lebih meningkatkan keterampilan berpikir kritis siswa dari pada kelas yang tidak menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe think pair share berbantuan simulasi virtual pada materi getaran dan gelombang. Kata Kunci : Keterampilan Berpikir Kritis, Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Think Pair Share (TPS), IPA, dll

Item Type: Thesis (Skripsi)
Contributors:
ContributionNameNIDN/NIDKEmail
Thesis advisorNIKI DIAN PERMANA P2031038803nikidianpermana@gmail.com
Subjects: 300 Ilmu Sosial > 370 Pendidikan
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Tadris IPA
Depositing User: ftk -
Date Deposited: 01 Jul 2024 08:45
Last Modified: 01 Jul 2024 08:45
URI: http://repository.uin-suska.ac.id/id/eprint/80303

Actions (login required)

View Item View Item