Search for collections on Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau Repository

IKLAN OBAT HERBAL DALAM KORAN HARIAN PEKANBARU MX MENURUT KODE ETIK PERIKLANAN

Syahruwaidi (2012) IKLAN OBAT HERBAL DALAM KORAN HARIAN PEKANBARU MX MENURUT KODE ETIK PERIKLANAN. Skripsi thesis, Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau.

[img]
Preview
Text
2012_201288KOM.pdf

Download (928kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh analisa penulis terhadap iklan obat herbal di harian Pekanbaru MX, dimana perusahaan iklan belum sepenuhnya berpedoman pada etika periklanan atau Undang-Undang yang ada mengatur tentang periklanan. Tidak bisa di pungkiri, di Harian Pekanbaru MX tidak selalu menyajikan iklan secara benar seperti yang diharapkan dalam kode etik periklanan. Banyak ditemukan iklan tanpa mengacu pada ketetapan kode etik periklanan. Berdasarkan uraian pada latar belakang di atas, masalah penulisan dapat dirumuskan yaitu, Bagaimanakah penerapan kode etik periklanan pada Koran Pekanbaru MX? Berdasarkan rumusan, maka tuajuan penelitian ini adalah untuk mengetahui bentuk penerapan kode etik periklanan pada Koran Pekanbaru MX. Subjek dalam penelitian ini adalah manajemen periklanan sebagai editor dan pembuat iklan di surat kabar Harian Pekanbaru MX. Objek dalam penelitian ini adalah Iklan Obat Herbal dalam Koran Harian Pekanbaru MX Menurut Kode Etik Periklanan edisi Mei dan Juni 2012. Harian Pekanbaru MX untuk pertama kalinya tersebut pada 3 April 2006 di wilayah Pekanbaru beralamat di Graha MX Jl. KH. Ahmad Dahlan No. 14 C Pekanbaru. Koran Pekanbaru MX merupakan Koran yang mengkhususkan diri untuk memberikan informasi dengan berita-berita dan iklan-iklan. Pekanbaru MX dianggap sebagai Koran yang terbit pada malam hari karena memang berusaha mengambil segmentasi malam hari. Berdasarkan hasil penyajian dan analisis data yang terdapat pada bab III dan IV, maka disimpulkan bahwa secara umum sudah memenuhi kode etik hanya belum maksimal. Beberapa unsur masih bertentangan dengan agama, adat dan budaya. Hal ini terlihat dari penyajian istilah yang cenderung fulgar.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: 300 Ilmu Sosial > 302 Interaksi Sosial, Hubungan Antarpersonal > 302.2 Komunikasi
Divisions: Fakultas Dakwah dan Komunikasi > Ilmu Komunikasi
Depositing User: eva sartika
Date Deposited: 27 Sep 2016 20:30
Last Modified: 27 Sep 2016 20:30
URI: http://repository.uin-suska.ac.id/id/eprint/8028

Actions (login required)

View Item View Item