NURSIDAH SIKUMBANG, -
(2023)
PENGGUNAAN METODE PAIKEM DALAM PENINGKATAN PEMBELAJARAN MATEMATIKA DI KELAS 1 MIS NURUL FALAH SIBOLGA.
PPG Fakultas Tarbiyah dan Keguruan.
Abstract
ABSTRAK
Tujuan penelitian ini adalah untuk meningkatkan hasil belajar
Matematika siswa kelas I di Madrasah Ibtidaiyah melalui Metode PAIKEM.
Metode PAIKEM ini merupakan salah satu pendekatan yang dapat
digunakan untuk peningkatan penguasaan dan pemahaman siswa terhadap
berbagai mata pelajaran karena diyakini PAIKEM dapat membantu siswa
menyerap pengetahuan dan mampu menggunakan pengetahuan dalam
memecahkan permasalahan dalam kehidupan sehari hari.
Penelitian ini dilaksanakan di MIS Nurul Falah Sibolga. Subyek dalam
penelitian ini adalah siswa kelas I yang berjumlah 19 orang pada semester I
tahun Pelajaran 2022 – 2023.
Metode ini dilaksanakan dalam dua siklus, yang dilaksanakan dalam dua
kali pertemuan dengan tindakan perbaikan pada setiap siklusnya.
Pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan lembar tes siswa, lembar
kerja siswa.
Hasil penelitian ini menunjukan adanya peningkatan hasil belajar
Matematika bagi siswa kelas I MIS Nurul Falah Sibolga melalui Metode
PAIKEM. Persentase hasil belajar pada siklus I mencapai 69,47%, hingga hasil
belajar siswa pada siklus II mencapai 81,05%.
Hal tersebut diperoleh dengan persentase aktifitas pembelajaran
PAIKEM siklus I 70%, siklus II 88%. Korelasi antara hasil belajar yang diperoleh
dan pembelajaran melalui pendekatan PAIKEM adalah semakin efektif
pembelajaran PAIKEM semakin tinggi hasil belajar yang diperoleh.
Actions (login required)
|
View Item |