Search for collections on Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau Repository

IMPLEMENTASI PROGRAM DAPUR SEHAT ATASI STUNTING (DASHAT) DI KAMPUNG KB BERKAH BERSAMA KELURAHAN AIR DINGIN KECAMATAN BUKIT RAYA KOTA PEKANBARU

ILHAM PRANANDA, - (2024) IMPLEMENTASI PROGRAM DAPUR SEHAT ATASI STUNTING (DASHAT) DI KAMPUNG KB BERKAH BERSAMA KELURAHAN AIR DINGIN KECAMATAN BUKIT RAYA KOTA PEKANBARU. Skripsi thesis, Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau.

[img]
Preview
Text
GABUNGAN SKRIPSI KECUALI BAB V.pdf

Download (5MB) | Preview
[img] Text (BAB V)
BAB V PEMBAHASAN.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (5MB)

Abstract

ABSTRAK IMPLEMENTASI PROGRAM DAPUR SEHAT ATASI STUNTING (DASHAT) DI KAMPUNG KB BERKAH BERSAMA KELURAHAN AIR DINGIN KECAMATAN BUKIT RAYA KOTA PEKANBARU Oleh : ILHAM PRANANDA NIM 12070511727 Penelitian ini dilatar belakangi oleh tingginya angka stunting di Indonesia yang berpengaruh terhadap kualitas Sumber Daya Manusia (SDM) dimasa yang akan datang. Oleh karena itu presiden mengeluarkan peraturan agar seluruh wilayah melaksanakan upaya pencegahan penurunan stunting. Kelurahan Air Dingin merupakan lokus dengan keluarga beresiko stunting tertinggi yang ada di Kecamatan Bukit Raya Kota Pekanbaru. Melihat keadaan tersebut, tim dari kampung kb berkah bersama kelurahan Air Dingin membuat sebuah inovasi program sesuai dengan arahan pemerintah pusat yang diberi nama Dapur Sehat Atasi Stunting (DASHAT). Dashat sendiri merupakan kegiatan pemberdayaan masyarakat dalam upaya pemenuhan gizi seimbang bagi keluarga berisiko stunting. Diharapkan dengan adanya program tersebut dapat menurunkan angka keluarga yang berisiko stunting di Kelurahan Air Dingin. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui bagaimana implementasi program Dapur Sehat Atasi Stunting (DASHAT) di kelurahan Air Dingin menggunakan teori Charles, O Jones dengan indikator organisasi, interpretasi dan penerapan. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif dan teknik pengumpulan data yaitu observasi, wawancara dan dokumentasi. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan implementasi program Dapur Sehat Atasi Stunting (DASHAT) sudah di laksanakan dengan baik tetapi masih belum dikatakan maksimal, hal ini dibuktikan dengan ada beberapa kendala yang ditemukan dalam mengimplementasikan program DASHAT yaitu terkait belum adanya aturan dalam pelaksanaan program, donatur yang tidak tetap, kader yang kurang responsif serta rendahnya dan kesadaran masyarakat dalam mengikuti sosialisasi pencegahan stunting. Kata Kunci : Implementasi, Program, DASHAT, Penurunan Stunting.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Contributors:
ContributionNameNIDN/NIDKEmail
Thesis advisorKAMARUDDIN2001017901kamaruddin@uin-suska.ac.id
Subjects: 300 Ilmu Sosial > 350 Administrasi Negara, Ilmu Kemiliteran > 351 Administrasi Negara
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Ilmu Sosial > Administrasi Negara
Depositing User: fekon -
Date Deposited: 01 Jul 2024 08:51
Last Modified: 01 Jul 2024 08:51
URI: http://repository.uin-suska.ac.id/id/eprint/80258

Actions (login required)

View Item View Item