RAZALI, RAZALI PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN DESCOVERY LEARNINGUNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR PAI PADA PESERTA DIDIK KELAS V SDN 019 TALANG MULYA KECAMATAN BATANG CENAKU TAHUN PELAJARAN 2021/2022. PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN DESCOVERY LEARNINGUNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR PAI PADA PESERTA DIDIK KELAS V SDN 019 TALANG MULYA KECAMATAN BATANG CENAKU TAHUN PELAJARAN 2021/2022. (Unpublished)
|
Text
PTK 2022 MODEL PEMB. DESCOVERY LEARNING - Razali Razali.pdf Download (1MB) | Preview |
Abstract
ABSTRAK Judul : Penerapan Model Pembelajaran Descovery LearningUntuk Meningkatkan Hasil Belajar PAI Pada Peserta Didik Kelas V SDN 019 Talang Mulya Kecamatan Batang Cenaku Tahun Pelajaran 2021/2022 Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: 1. Untuk mengetahui bagaimana penerapan Model Pembelajaran Descovery Learning dalam proses pembelajaran Pendidikan Agama Islam di kelasV SDN 019 Talang Mulya Kec. Batang cenaku?. 2.Untuk mengetahui apakah penerapan Model Pembelajaran Descovery Learning dapat meningkatkan hasil belajar Pendidikan Agama Islam pada peserta didik kelas V SDN 019 Talang Mulya Kec. Batang cenaku ? Upaya Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Melalui Model Pembelajaran Discovery Learning Pada Mata Pelajaran Pendidikan Agama Islam di Kelas V SD N 019 Talang Mulya Kec. Batang Cenaku Kab. Indargiri hulu. Penelitian ini dilatar belakangi oleh hasil belajar siswa masih rendah banyak nilai siswa yang belum mencapai nilai KKM yaitu 70. Selain itu, guru dalam pembelajaran masih menggunakan metode konvensional sehingga siswa merasa tidak termotivasi, antusiasi dalam belajar. Adapun metode pembelajaran yang dimaksud yaitu metode pembelajaran Discovery Learning. Metode pembelajaran ini menjadi salah satu pilihan peneliti yang bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar siswa Kelas V SD N 019 Talang Mulya dalam pembelajaran Pendidikan Agama Islam dengan menggunakan metode Discovery Learning. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas (PTK) yang dilakukan di SD N 019 Talang Mulya Kec. Batang Cenaku Kab. Indargiri hulu, sebanyak 2 siklus. Objek penelitian ini adalah siswa kelas V pada tahun ajaran 2021/2022 yang berjumlah 20 siswa. Adapaun instrument yang digunakan yaitu dokumentasi, tes hasil belajar, lember observasi guru dan siswa. Sedangkan faktor yang diselidiki dalam penelitian ini adalah faktor siswa, guru dan materi, prosedur penelitian ini dimulai dari perencanaan, pelaksanaan tindakan, observasi, evaluasi dan refleksi. Standar ketuntasan yang ditetapkan adalah apabila minimal 80% peserta didik mendapat nilai >70. Berdasarkan hasil Penerapan metode pembelajaran Discovery Learning pada siswa kekas V di SD N 019 Talang Mulya. Pelaksanaan tindakan dengan menerapkan model pembelajaran Descovery Learning dapat terlaksana sesuai harapan. Pada Siklus I pelaksanaan pembelajaran oleh Guru 80,00 (baik) dan Siswa 76 (cukup) yang terdapat beberapa kekurangan yang diperbaiki pada Siklus selanjutnya Pada Siklus II pelaksanaan pembelajaran sudah meningkat pelaksanaanya oleh Guru 87,50 (baik) dan Siswa 83,33 (baik) yang berarti sudah mencapai indikatorkeberhasilan. Penerapan model pembelajaran Descovery Learning dapat meningkatkan iv hasil belajar. Hal ini dapat diketahui dari data hasil belajar pada Pra Siklus (kondisi awal) yang mencapai Kriteria Ketercapaina Tujuan Pembelajaran (KKTP) 70 hanya 8 Siswa atau 40,00%. kemudian meningkat di Siklus I menjadi 12 Siswa atau 60,00% tetapi belum mencapai indikator keberhasilan secara klasikal 90%. Setelah Siklus II barulah indikator keberhasil secara klasikal tercapai dengan hasil belajar 19 Siswa atau 95,00% mencapai Kriteria Ketercapaina Tujuan Pembelajaran (KKTP). Kata kunci: Metode Discovery Learning, Hasil Belajar Siswa
Item Type: | Article |
---|---|
Subjects: | 300 Ilmu Sosial > 370 Pendidikan > 373 Pendidikan Tingkat Sekolah Lanjutan |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Agama Islam |
Depositing User: | Mr. Lib UIN Suska |
Date Deposited: | 27 Sep 2024 06:15 |
Last Modified: | 27 Sep 2024 06:15 |
URI: | http://repository.uin-suska.ac.id/id/eprint/80222 |
Actions (login required)
View Item |