Masniati (2012) EFEKTIVITAS ELECTRONIC PUBLIC RELATIONS (e-PR) DALAM MEMBANTU KEGIATAN PUBLISITAS DI PT. PERKEBUNAN NUSANTARA V PEKANBARU. Skripsi thesis, Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau.
|
Text
2012_201282KOM.pdf Download (1MB) | Preview |
Abstract
Perkembangan teknologi komputer, telekomunikasi, dan informasi telah berjalan sedemikian rupa sehingga pada saat ini sudah sangat jauh berbeda dengan sepuluh tahun yang lalu. Pemanfaatan teknologi tersebut telah mendorong pertumbuhan bisnis yang pesat, karena berbagai informasi telah dapat disajikan dengan canggih dan mudah diperoleh. Internet merupakan salah satu perkembangan teknologi sekarang yang mampu menjadi media komunikasi yang efektif bagi PR. Sekarang ini banyak perusahaan yang menggunakan internet sebagai salah satu sarana publisitas yaitu merupakan kegiatan PR di dunia online yang disebut sebagai cyber public relations atau disingkat dengan e-PR, e-PR digunakan untuk mempersingkat penggunaan istilah cyber public relations, e-PR adalah inisiatif PR atau public relations yang menggunakan media internet sebagai sarana publisitas. Salah satu perusahaan yang menggunakan internet sebagai media publisitas adalah PT. Perkebunan Nusantara V. Humas PTPN V juga menjadikan internet sebagai media publikasi. Dari hal tersebut penulis tertarik untuk melakukan penelitian mengenai efektivitas e-PR dalam dalam membantu kegiatan publisitas di PT. Perkebunan Nusantara V Pekanbaru. Metode penelitian yang digunakan adalah metode deskriptif kualitatif yaitu di mana penulis berusaha mendesktipsikan dan menggambarkan keadaan yang sesungguhnya dari efektivitas e-PR dalam dalam membantu kegiatan publisitas di PT. Perkebunan Nusantara V Pekanbaru. Data yang dikumpulkan melalui wawancara, dokumentasi dan observasi. Subjek penelitian ini adalah karyawan humas PT. Perkebuanan Nusantara V dan objeknya efektivitas e-PR dalam dalam membantu kegiatan publisitas di PT. Perkebunan Nusantara V Pekanbaru. Dan teori yang digunakan dalam penelitian ini adalah teori teori Task- Technology Fit, yang di temukan oleh Goodhue dan Thopmson (1995). yaitu teori yang mengemukakan tentang kesesuaian antara kemampuan teknologi dengan tuntutan pekerjaan atau kemampuan teknologi dalam membantu pekerjaan manusia. Hasil dari observasi dan wawancara yang dilakukan penulis menunjukkan bahwa efektivitas e-PR dalam dalam membantu kegiatan publisitas di PT. Perkebunan Nusantara V Pekanbaru sudah banyak memberikan manfaat baik dari segi menghemat biaya, tenaga, waktu, dan juga memberikan banyak kemudahan lainnya bagi humas. Dari hal tersebut bahwa penggunaan e-PR dalam membantu kegiatan publisitas humas PTPN V efektif dan juga efesien.
Item Type: | Thesis (Skripsi) |
---|---|
Subjects: | 300 Ilmu Sosial > 302 Interaksi Sosial, Hubungan Antarpersonal > 302.2 Komunikasi |
Divisions: | Fakultas Dakwah dan Komunikasi > Ilmu Komunikasi |
Depositing User: | eva sartika |
Date Deposited: | 27 Sep 2016 20:14 |
Last Modified: | 27 Sep 2016 20:14 |
URI: | http://repository.uin-suska.ac.id/id/eprint/8022 |
Actions (login required)
View Item |