Siti Aisyah (2012) AKTIVITAS HUMAS DALAM MEMBENTUK CITRA POSITIF DI UNIT PELAYANAN TEKNIS PENGAWASAN DAN SERTIFIKASI BENIH DINAS TANAMAN PANGAN DAN HORTIKULTURA PROVINSI RIAU. Skripsi thesis, Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau.
|
Text
2012_201275KOM.pdf Download (1MB) | Preview |
Abstract
Keberadaan Humas dalam suatu instansi pemerintah merupakan bagian yang sangat penting untuk menciptakan citra dari instansi tersebut, citra daerah hingga menciptakan citra bagi Negara. Aktivitas dan fungsi Humas UPT dan Sertifikasi Benih Tanaman Dinas Pangan dan Hortikultura adalah menyebarluaskan informasi dan mempublikasikan kegiatan dengan tujuan membentuk citra positif. Humas merupakan suatu alat atau saluran untuk memperlancar jalannya interaksi dan penyebaran informasi mengenai benih-benih yang dipasrakan dapat memenuhi standar mutu yang telah ditentukan oleh Pemerintah, agar tidak terjadinya pemalsuan benih-benih yang tidak sesuai dengan standar ataupun benih yang sudah kadar luarsa. Kasus ini menjadi pusat perhatian pemerintah saat ini. Humas yang mempunyai tugas untuk membentuk suatu citra instansi melaksanakan aktivitas-aktivitasnya dalam membentuk suatu citra positif. Inilah yang menjadi kajian penulis. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui aktivitas humas dalam membentuk citra positif di UPT Pengawasan dan Sertifikasi Benih Tanaman Dinas Pangan dan Hortikultura Provinsi Riau. Adapun metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode deskriptif dengan pendekatan kualitatif. Kegiatan yang dilakukan dalam metode penelitian tersebut yaitu pengumpulan data berdasarkan kenyataan di lapangan melalui observasi, wawancara dan dokumentasi. Berdasarkan data yang diperoleh tersebut kemudian dilakukan analisa dan menginterpretasikan arti data yang dimaksud. Hasil dari penelitian ini adalah aktivitas humas yang dilakukan oleh UPT Pengawasan dan Sertifikasi Benih Dinas Tanaman Pangan dan Hortikultura Provinsi Riau dalam membentuk citra positif yaitu: menganalisis perilaku umum dengan cara turun ke lapangan secara langsung dan selalu mengikutsertakan masyarakat khususnya petani dalam setiap kegiatan-kegiatan untuk mengetahui respon dan perilaku masyarakat; menciptakan hubungan yang harmonis dengan masyarakat atau stakeholdernya dengan cara kerjasama dengan PT. Tani dan PT Sang Yang Sri (SYS); menganalisis tingkat opini publik, baik yang intern maupun ekstern dengan cara menanyakan langsung kepada karyawan tentang aktivitas- aktivitas yang telah berlangsung; menjalankan dan melaksanakan aktivitas- aktivitas sesuai dengan program yang telah direncanakan untuk mengubah citra umum di mata khalayak seperti kegiatan penyuluhan, pembinaan kegiatan produsen dan pelanggan benih, kegiatan pengawasan subsidi benih dari pemerintah kepada petani dan lain sebagainya; menerima umpan balik untuk dievaluasi, kemudian mengadakan penyesuaian-penyesuaian yang diperlukan dengan cara menerima keluhan-keluhan dari masyarakat secara langsung.
Item Type: | Thesis (Skripsi) |
---|---|
Subjects: | 300 Ilmu Sosial > 302 Interaksi Sosial, Hubungan Antarpersonal > 302.2 Komunikasi |
Divisions: | Fakultas Dakwah dan Komunikasi > Ilmu Komunikasi |
Depositing User: | eva sartika |
Date Deposited: | 27 Sep 2016 20:01 |
Last Modified: | 27 Sep 2016 20:01 |
URI: | http://repository.uin-suska.ac.id/id/eprint/8017 |
Actions (login required)
View Item |