IBNU SYAWAL, - (2024) IMPLEMENTASI PROGRAM BRILINK DALAM PENINGKATAN PELAYANAN PUBLIK DI KECAMATAN TAPUNG DESA BENCAH KELUBI. Skripsi thesis, Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau.
|
Text
GABUNGAN SKRIPSI KECUALI BAB V.pdf Download (5MB) | Preview |
|
![]() |
Text (BAB V)
BAB V PEMBAHASAN.pdf - Published Version Restricted to Repository staff only Download (5MB) |
Abstract
ABSTRAK IMPLEMENTASI PROGRAM BRILINK DALAM PENINGKATAN PELAYANAN PUBLIK DI KECAMATAN TAPUNG DESA BENCAH KELUBI OLEH : IBNU SYAWAL 12070512751 Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis penerapan program BRILink dalam mendukung pelayanan publik di Indonesia, khususnya pada layanan transaksi keuangan. Latar belakang penelitian ini didasarkan pada kebutuhan masyarakat akan kemudahan akses layanan perbankan, terutama di daerah terpencil. Melalui peraturan pemerintah Nomor 7 Tahun 2021 tentang Kemudahan, Perlindungan dan Pemberdayaan Koperasi dan Usaha Mikro, Kecil, dan Menengah, serta melalui program BRILink, Otoritas Jasa Keuangan (OJK) dan PT. Bank Rakyat Indonesia (BRI) memanfaatkan agen-agen lokal untuk menyediakan layanan keuangan tanpa harus membuka cabang baru, yang dapat mengurangi biaya operasional dan memperluas jangkauan layanan keuangan. Metode penelitian yang digunakan adalah kualitatif dengan pendekatan deskriptif. Data dikumpulkan melalui wawancara mendalam dengan pegawai UMKM Kampar, Petugas Agen BRILink (PAB), agen BRILink dan pengguna layanan di beberapa wilayah. Hasil penelitian menunjukkan bahwa program BRILink telah terlaksana meningkatkan aksesibilitas layanan keuangan bagi masyarakat di daerah terpencil. Selain itu, program ini juga memberikan keuntungan ekonomi bagi agen BRILink dan meningkatkan literasi keuangan masyarakat. Kesimpulan dari penelitian ini adalah bahwa BRILink merupakan solusi efektif dalam meningkatkan transakasi keuangan di Indonesia. Program ini tidak hanya mempermudah akses layanan keuangan tetapi juga memberikan dampak positif terhadap perekonomian lokal. Namun, ada beberapa tantangan yang perlu diatasi seperti peningkatan kualitas layanan dan penyediaan infrastruktur teknologi yang memadai. Penelitian ini memberikan rekomendasi kepada pihak terkait untuk terus mendukung dan mengembangkan program BRILink serta mengatasi kendala yang ada demi meningkatkan inklusi keuangan di Indonesia. Kata Kunci : Impelemtasi, Program BRIlink, Peningkatan Pelayanan Publik
Item Type: | Thesis (Skripsi) | ||||||||
---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|
Contributors: |
|
||||||||
Subjects: | 300 Ilmu Sosial > 350 Administrasi Negara, Ilmu Kemiliteran > 351 Administrasi Negara 000 Karya Umum |
||||||||
Divisions: | Fakultas Ekonomi dan Ilmu Sosial > Administrasi Negara | ||||||||
Depositing User: | fekon - | ||||||||
Date Deposited: | 28 Jun 2024 07:54 | ||||||||
Last Modified: | 28 Jun 2024 07:54 | ||||||||
URI: | http://repository.uin-suska.ac.id/id/eprint/80165 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |