Search for collections on Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau Repository

PERAN PUBLIC RELATION DALAM MENINGKATKAN KEPUASAN PELANGGAN DI RUMAH SAKIT AWAL BROS PEKANBARU

Hamrianto (2012) PERAN PUBLIC RELATION DALAM MENINGKATKAN KEPUASAN PELANGGAN DI RUMAH SAKIT AWAL BROS PEKANBARU. Skripsi thesis, Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau.

[img]
Preview
Text
2012_201271KOM.pdf

Download (1MB) | Preview

Abstract

Seorang public relations adalah orang yang memiliki hubungan yang erat dengan pelanggan atau konsumen karena pekerjaan public relations sehari-hari adalah berhubungan dengan masyarakat atau publik, kepuasan pelanggan adalah menjadi hal yang sangat penting, karena akan berkaitan dengan citra atau image perusahaan, maka seorang public relations sudah seharusnya memperhatikan pelayanan yang ada di perusuhaannya dan pelayanan yang akan diberikan kepada pelanggan, oleh karena itu penulis tertarik untuk mengangkat judul ini untuk skripsi. Adapun yang menjadi permasalahan pokok dalam penelitian ini adalah tetang peran public relations terhadap kepuasan pelanggan di Rumah Sakit Awal bros Pekanbaru. Peranan Public Relations tentang kepuasan pelanggan di Rumah Sakit Awal Bross sangat peduli dengan pelayanan kesehatan secara cepat, tepat, ramah serta terpercaya dalam menjadi Rumah Sakit pilihan di Sumatera. Namun kondisi yang terjadi dalam peranan dalam kepuasan pelanggan masih ada yang mengalami permasalahan tentang kepuasan pelanggan. Maka penulis meneliti bagaimana peran Public Relations dalam meningkatkan pelayanan terhadap pelanggan di Rumah Sakit Awal bros di Pekanbaru, dan bagaimana tangapan pelanggan terhadap pelayanan yang diberikan oleh Rumah Sakit Awal Bros di Pekanbaru. Metode penelitian yang penulis gunakan dalam penelitian ini adalah deskriftif kuantitatif dengan jumlah populasi 200 orang pelanggan, dan sampelnya 20% dari jumlah populasi yaitu 40 orang pelanggan, yang berobat pada Rumah Sakit Awal Bros. Objek penelitian ini adalah peran Public Relations dalam meningkatkan kepuasan pelanggan di Rumah Sakit Awal Bros Pekanbaru. Dalam penelitian ini penulis menggunakan teknik random sampling, dan seluruh pegawai public relations. Teknik pengumpulan data yaitu dengan observasi, angket, dan dokumentasi, untuk menganalisis data tersebut maka penulis menggunakan rumus P = X 100 % untuk mendapatkan data yang diperlukan. Setelah data terkumpul maka data selanjutnya dikelompokkan secara kuantitatif dan persentase dengan menggunakan tabel. Hasil dari penelitian peran public relations dalam meningkatkan kepuasan pelanggan di Rumah Sakit Awal Bros Pekanbaru, adalah 74,42 % pelanggan mengatakan public relations Rumah Sakit Awal Bros berperan terhadap pelayanan yang diberikan, seperti pelayanan, kelengkapan fasilitas, keamanan, kenyamanan, kebersihan dan informasi yang diberikan oleh perusahaan kepada pelanggan yang berobat pada Rumah Sakit Awal Bros Pekanbaru.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: 300 Ilmu Sosial > 302 Interaksi Sosial, Hubungan Antarpersonal > 302.2 Komunikasi
Divisions: Fakultas Dakwah dan Komunikasi > Ilmu Komunikasi
Depositing User: eva sartika
Date Deposited: 27 Sep 2016 12:54
Last Modified: 27 Sep 2016 12:54
URI: http://repository.uin-suska.ac.id/id/eprint/8013

Actions (login required)

View Item View Item