Search for collections on Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau Repository

USAHA PENINGKATAN EKONOMI MASYARAKAT MELALUI PEMANFAATAN OBJEK WIATA PEMANDIAN AIR PANAS DI PADANG GANTING KABUPATEN TANAH DATAR

Amelia Saputri, Amelia (2024) USAHA PENINGKATAN EKONOMI MASYARAKAT MELALUI PEMANFAATAN OBJEK WIATA PEMANDIAN AIR PANAS DI PADANG GANTING KABUPATEN TANAH DATAR. Skripsi thesis, Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau.

[img]
Preview
Text (SKRIPSI GABUNGAN)
SKRIPSI GABUNGAN.pdf

Download (1MB) | Preview
[img] Text (BAB V)
BAB V.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)

Abstract

Penelitian ini dilatar belakangi oleh adanya bjek wisata pemandian air panas Padang Ganting yang memiliki daya tarik sendiri dibandingkan dengan objek wisata lainnya, hal ini dapat dilihat dari cara pengelolaannya yang masih tergolong sederhana, pemilik objek wisata mengelola objek wisata ini secara mandiri, serta masyarakat dan pengunjung percaya bahwa objek wisata ini dapat menyembuhkan penyakit. Objek wisata pemandian air panas Padang Ganting juga sebagai usaha peningkatan ekonomi bagi masyarakat, mereka memanfaatkan adanya objek wisata ini untuk berushaa seperti berdagang dan menjadi pekerja di objek wisata. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui bagaimana usaha peningkatan ekonomi masyarakat melalui objek wisata pemandian air panas. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif deskripstif, dengan tahapan pengumpulan data, penyajian data, reduksi data, dan penarikan kesimpulan. Informan dalam peneliatian ini berjumlah lima orang, satu orang sebagai informan kunci, dan empat orang lainnya sebagai informan pendukung. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa usaha meningkatkan ekonomi masyarakat melalaui pemanfaatan objek wisata pemandian air panas, dengan usaha yang dialkukan untuk meningkatkan ekonomi ialah membuka warung di sekitar objek wisata, melakukan perluasan lahan parkiran, pembangunan musholla, penginapan, toilet, dan melengkapi fasiltas tempat sampah serta pembersihan kolam. Akan tetapi masih masih ada beberapa kendala seperti, penginapan yang akhir-akhir ini jarang digunakan oleh pengunjung, serta dua buah toko atau galeri yang belum disewa.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Contributors:
ContributionNameNIDN/NIDKEmail
Thesis advisorGINDA HARAHAP, -2026036301ginda@uin-suska.ac.id
Uncontrolled Keywords: Peningkatan ekonomi, objek wisata
Subjects: 300 Ilmu Sosial > 302 Interaksi Sosial, Hubungan Antarpersonal > 302.2 Komunikasi
000 Karya Umum
Divisions: Fakultas Dakwah dan Komunikasi > Pengembangan Masyarakat Islam
Depositing User: fdk -
Date Deposited: 28 Jun 2024 07:09
Last Modified: 28 Jun 2024 07:09
URI: http://repository.uin-suska.ac.id/id/eprint/80123

Actions (login required)

View Item View Item