MARIA ULFA, - (2024) PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN QUANTUM TEACHING UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN PEMAHAMAN KONSEP MATEMATIS SISWA KELAS IV MI AULIA CENDEKIA PEKANBARU. Skripsi thesis, UIN SUSKA RIAU.
|
Text
skripsi maria.pdf - Published Version Download (12MB) | Preview |
|
Text
maria bab iv.pdf - Published Version Restricted to Repository staff only Download (1MB) |
Abstract
ABSTRAK Maria Ulfa, (2024): Penerapan Model Pembelajaran Quantum Teaching untuk Meningkatkan Kemampuan Pemahaman Konsep Matematis Siswa Kelas IV MI Aulia Cendekia Pekanbaru. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan penerapan model pembelajaran quantum teaching dalam meningkatkan kemampuan pemahaman konsep matematis siswa kelas IV MI Aulia Cendekia Pekanbaru. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas yang subjeknya 1 orang guru dan 28 orang siswa kelas IVA. Objeknya adalah model pembelajaran quantum teaching dan kemampuan pemahaman konsep. Penelitian ini dilaksanakan selama 2 siklus. Adapun teknik pengumpulan data dilakukan melalui observasi, tes, dan dokumentasi. Sedangkan teknik analisis data yang digunakan adalah analisis deskriptif kualitatif dengan persentase. Hasil penelitian dan analisis data menunjukkan bahwa kemampuan pemahaman konsep siswa sebelum tindakan masih rendah, dimana 3,57% siswa berada pada kategori pemahaman baik sekali, 25% siswa berada pada kategori pemahaman baik, 32,14% siswa berada pada kategori pemahaman cukup baik, dan 39,29% siswa berada pada kategori pemahaman kurang. Setelah dilakukan tindakan perbaikan melalui model pembelajaran quantum teaching pada siklus I, kemampuan pemahaman konsep siswa meningkat, dimana 17,86% siswa berada pada kategori pemahaman baik sekali, 39,29% siswa berada pada kategori pemahaman baik, 14,29% siswa berada pada kategori pemahaman cukup baik, dan 28,57% siswa berada pada kategori pemahaman kurang. Pada siklus II kemampuan pemahaman konsep siswa mengalami peningkatan kembali, dimana 71,43% siswa berada pada kategori pemahaman baik sekali, 25% siswa berada pada kategori pemahaman baik, dan 3,57% siswa berada pada kategori pemahaman cukup baik. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa penerapan model pembelajaran quantum teaching dapat meningkatkan kemampuan pemahaman konsep matematis siswa kelas IV MI Aulia Cendekia Pekanbaru. Kata Kunci: Model Pembelajaran Quantum Teaching, Kemampuan Pemahaman Konsep
Item Type: | Thesis (Skripsi) | ||||||||
---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|
Contributors: |
|
||||||||
Subjects: | 300 Ilmu Sosial > 370 Pendidikan > 371 Institusi Pendidikan, Sekolah dan Aktifitasnya > 371.3 Metode Belajar Mengajar, Kegiatan Belajar Mengajar 000 Karya Umum |
||||||||
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah | ||||||||
Depositing User: | ftk - | ||||||||
Date Deposited: | 28 Jun 2024 03:27 | ||||||||
Last Modified: | 28 Jun 2024 03:30 | ||||||||
URI: | http://repository.uin-suska.ac.id/id/eprint/80099 |
Actions (login required)
View Item |