PERSEPSI MASYARAKAT TERHADAP MUTU PELAYANAN KANTOR KEPALA DESA PANCURAN GADING KECAMATAN TAPUNG KABUPATEN KAMPAR

Beli Wirna, (2012) PERSEPSI MASYARAKAT TERHADAP MUTU PELAYANAN KANTOR KEPALA DESA PANCURAN GADING KECAMATAN TAPUNG KABUPATEN KAMPAR. Skripsi thesis, Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau.

[img]
Preview
Text
2012_201264KOM.pdf

Download (1MB) | Preview

Abstract

Persepsi yang terjadi pada masyarakat Desa Pancuran Gading terhadap mutu pelayanan yang diberikan oleh Kantor Kepala Desa Pancuran Gading Kecamatan Kapung Kabupaten Kampar berbeda beda, ada yang menilai positif dan ada yang menilai negatif, ini dapat dilihat dari beberapa tanggapan, serta penilai masyarakat yang memiliki keperluan atau kepentingan yang harus diselesaikan oleh pegawai kantor kepala desa, seperti keperluan atau kepentingan pengurusan Kartu Tanda Penduduk (KTP), Kartu Keluarga (KK), Surat Keterangan Usaha (SKU), Domisili, Akta Nikah, Akte Kelahiran dan segala jenis informasi lainnya yang sekiranya dibutuhkan oleh masyarakat sekitar. Dalam penelitian ini yang menjadi masalah adalah Bagaimana Persepsi Masyarakat Terhadap Mutu Pelayanan Kantor Kepala Desa Pancuran Gading Kecamatan Tapung Kabupaten Kampar. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah deskriptif kualitatif persentase, yaitu menggambarkan serta menjelaskan permasalahan yang diteliti dalam bentuk angka dan kalimat, yang menjadi sampel dalam penelitian ini adalah masyarakat Desa Pancuran Gading Kecamatan Tapung Kabupaten Kampar, yang terdiri dari dusun 1 sampai dusun 3 yang pernah mendapatkan pelayanan di kantor kepala desa selama bulan februari yaitu sebanyak 38 orang. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan observasi, angket / kuisioner, wawancara, dan dokumentasi, angket disebarkan sesuai dengan jumlah sampel penelitian dan kembali kepada peneliti sebanyak angket yang disebarkan yaitu sebanyak 38 eksemplar, wawancara dilakukan langsung kepada responden dan pihak kantor kepala desa sebagai tambahan informasi dalam penelitian, dan observasi serta dokumentasi dilakukan langsung dikantor kepala desa pancuran gading. Dari analisa data dapat diambil kesimpulan bahwa Persepsi Masyarakat Terhadap Mutu Pelayanan Kantor Kepala Desa Pancuran Gading Kecamatan Tapung Kabupaten Kampar terbukti kurang baik secara persentase keseluruhan, yang dapat dibuktikan dari hasil pengolahan data yang menghasilkan nilai sebesar 40% dan tergolong pada penilaian yang lemah atau kurang baik, namun pada penilaian terhadap lingkungan fisik secara khusus mendapatkan penilaian baik, dan ketika penilaian terhadapa lingkungan social cendrung pada penilaian negative, namun ketika dihitung secara keseluruhan persepsi masyarakat terhadap mutu pelayanan kantor kepala desa adalah kurang baik, baik dilihat dari hasil penilaian persepsi terhadap lingkungan maupun pelayanan yang diberikan oleh pegawai kantor kepala desa.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: 300 Ilmu Sosial > 302 Interaksi Sosial, Hubungan Antarpersonal > 302.2 Komunikasi
Divisions: Fakultas Dakwah dan Komunikasi > Ilmu Komunikasi
Depositing User: eva sartika
Date Deposited: 27 Sep 2016 11:52
Last Modified: 27 Sep 2016 11:52
URI: http://repository.uin-suska.ac.id/id/eprint/8009

Actions (login required)

View Item View Item