Nova Yeri Liana (2012) PERSEPSI MASYARAKAT DESA MAREDAN BARAT TERHADAP PELAYANAN PEMBUATAN e-KTP DI KANTOR CAMAT TUALANG KABUPATEN SIAK. Skripsi thesis, Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau.
|
Text
2012_201263KOM.pdf Download (1MB) | Preview |
Abstract
Kepemilikan kartu tanda penduduk (KTP) merupakan hal yang sangat penting bagi masyarakat yang sudah berumur 17 tahun keatas karna kepemilikan. KTP dapat mempermudah pemiliknya dalam pengurusan. Begitu juga dengan kepemilikan KTP model baru yang diterapkan oleh pemerintah yaitu disebut dengan e-KTP. e-KTP adalah bentuk KTP baru yang berbasis elektronik. Pada saat e-KTP diselenggarakan dimasyarakat Maredan Barat menimbulkan berbagai persepsi ataupun pendapat mengenai pelayanan pembuatan e-KTP Di Kantor Camat Tualang, terdiri dari pendapat baik dan pendapat buruk karena banyaknya masyarakat yang akan dilayani sehingga menimbulkan perbedaan pendapat terhadap pelayanan pembuatan e-KTP Di Kantor Camat Tualang. Dari perbedaan pendapat terhadap pelayanan pembuatan e-KTP tersebut maka penulis tertarik untuk melakukan penelitian mengenai masalah ini yaitu bagaimana persepsi masyarakat Desa Maredan Barat terhadap pelayanan pembuatan e-KTP Dikantor Camat Tualang Kabupaten Siak. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah despkritif kuantitatif dengan persentase yaitu mengambarkan dan menjelaskan permasalahan dalam bentuk angka dan kalimat. yang menjadi populasi dalam penelitian ini adalah masyarakat Desa Maredan Barat yang sudah membuat e-KTP yaitu sebanyak 795 orang, dari populasi tersebut yang menjadi sampel penelitian ini adalah 10% dari masyarakat Maredan Barat yaitu sebanyak 80 orang dengan teknik pengambilan sampel yaitu guota sampling selain masyarakat Maredan Barat sampel dalam penelitan ini adalah pegawai Kantor Camat yang berjumlah 3 orang. Teknik pengumpulan data penelitian ini adalah dengan mengunakan :observasi, angket, wawancara, dokumentasi. Angket yang disebarkansebanyak 80 angket yang tediri dari 25 pertayaan dengan altarnatif jawaban A, B, C, D, E dan wawancara dilakukan kepada pegawai Kantor Camat Tualang. Teknik analisa data dalam, penelitian ini dalam mengunakan tabel rekapitulasi jawaban responden yang selanjutnya dihitung persentase skor jawaban responden dengan mengunakan metode pengukuran skala likert selanjutnya hasil analisa data didukung oleh hasil wawancara. Dari hasil analisa data yang sudah dilakukan penulis, maka dapat disimpulkan bahwa persepsi masyarakat Desa Maredan Barat terhadap pelayanan pembuatan e-KTP Di Kantor Camat Tualang adalah cukup baik dengan nilai persentase 53,53% .
Item Type: | Thesis (Skripsi) |
---|---|
Subjects: | 300 Ilmu Sosial > 302 Interaksi Sosial, Hubungan Antarpersonal > 302.2 Komunikasi |
Divisions: | Fakultas Dakwah dan Komunikasi > Ilmu Komunikasi |
Depositing User: | eva sartika |
Date Deposited: | 27 Sep 2016 11:50 |
Last Modified: | 27 Sep 2016 11:50 |
URI: | http://repository.uin-suska.ac.id/id/eprint/8008 |
Actions (login required)
View Item |